Breaking News:

Berita Palangkaraya

Karhutla di Palangkaraya, Polisi Selidiki Kebakaran Lahan Gambut di Kawasan Bandara Tjilik Riwut

Karhutla di Palangkaraya, Polisi selidiki kebakaran lahan gambut di kawasan Bandara Tjilik Riwut

Penulis: Fathurahman | Editor: Dwi Sudarlan
BPBD Kalteng
Petugas pemadam kebakaan gabungan berjibaku memadamkan api yang membakar lahan gambut di kawasan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya Kalteng, Minggu (25/7/2021) 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Karhutla di Palangkaraya, polisi menyelidiki kebakaran lahan gambut di kawasan Bandara Tjilik Riwut.

Mingggu (25/7/2021) siang, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan petugas pemadam lainnya harus berjibaku  memadamkan Kebakaran lahan gambut yang terjadi di Jalan Bandara Utama 1 kawasan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalteng.

Petugas mengetahui terjadnya kebakaran lahan gambut tersebut setelah mendapatkan informasi dari grub Satgas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Tim BPBD Kota Palangkaraya sehingga langsung  berangkat ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Setelah berjibaku selama satu setengah jam, tim pemadam gabungan berhasil memadamkan amukan api di lahan gambut. 

Baca juga: Cegah Karhutla, Petugas Patroli Awasi Semak Belukar Kering Bekas Pembersihan Lahan di Palangkaraya

Baca juga: Karhutla di Sampit, Bersihkan 2 Hektare Lahan dengan Dibakar, Pria Ini Harus Berurusan dengan Polisi

Baca juga: Karhutla di Palangkaraya, Petugas Patroli Keliling Pantau Kawasan Rawan Terbakar

Hingga Senin (26/7/2021), jajaran Polresta Palangkaraya masih melakukan penyelidikan terkait terjadinya kebakaran lahan gambut yang terjadi tak jauh dari bandara Tjilik Riwut tersebut.

"Kebakaran terjadi pada bagian atas dan bawah lahan gambut sehingga memunculkan asap dari dalam tanah gambut yang terbakar," ujar salah satu petugas.

Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini memasuki musim kemarau, sehingga antisipasi kerawanan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla semakin ditingkatkan.

Masyarakat  juga berperan penting untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan tersebut salah satunya dengan memberikan informasi jika melihat ada terjadi kebakaran.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, meminta masyarakat  membantu aparat engantisipasi Karhutla dengan segera menginformasikan jika melihat atau mengetahui terjadinya kebakaran hutan dan lahan di lingkungannya. 

"Bahaya karhutla dapat dicegah dengan bersama-sama, kita semua menjaga lingkungan sekitar kita. Jika ada melihat kebakaran lahan sebelum membesar berikan informasi kepada petugas dari Polri, TNI serta instansi terkait lainnya sehingga bisa langsung dipadamkan," ujarnya. (*)

Kesadaran terhadap bahaya karhutla harus terus ditumbuhkan agar tidak kembali terjadi aksi pembakaran hutan maupun lahan saat hendak membersihkan lahan untuk dimanfaatkan."Agar kebakaran tidak semakin meluas, masyarakat diharap mengimbau kepada warga di lingkungannya agae tidak membersihkan lahan dengan cara membakar," ujarnya.

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved