Breaking News:

Berita Palangkaraya

Ini Tiga Daerah di Kalimantan Tengah yang Paling Tinggi Kasus HIV/AIDS

3 daerah di Kalteng paling tinggi kasus terkonfirmas HIV/AIDS tersebut Kota Palangkaraya, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat data KPA Kalteng

Penulis: Muhammad Lamsi | Editor: Sri Mariati
tribunkalteng.com/net
HIV/AIDS 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Komisi Penanganan AIDS (KPA) Provinsi Kalimantan Tengah, mencatat ada 3 daerah di Bumi Tambun Bungai yang paling tinggi kasus terkonfirmasi HIV/AIDS.

"3 kabupaten/kota tersebut adalah Kota Palangkaraya, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat," ujar Ketua KPA Kalimantan Tengah Saidah Suryani melalui Pengelola Program Riska Ovany TribunKalteng.com, Kamis (02/12/2021).

Menurutnya, data yang masuk hingga Juni 2021 ini jumlah untuk Kota Palangkaraya ada 135 orang yang terkonfirmasi HIV, serta 148 terkonfirmasi AIDS.

Sedangkan Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 122 orang terkonfirmasi HIV, 224 yang terkonfirmasi AIDS, dan Kabupaten Kotawaringin Barat 189 kasus HIV, 86 kasus AIDS.

"Bukan berarti kabupaten yang lain sedikit hanya saja kami sampai saat ini baru mempunyai 3 tim penjangkau yang berada di kabupaten/Kota tersebut jadi data yang didapat lebih banyak," bebernya.

Baca juga: NEWS VIDEO, Pemerintah Kota Palangkaraya Bersama MDAHK Kota Menggelar Ritual Mamapas Lewu

Baca juga: 883 Warga Pahandut Kota Palangkaraya Mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera

Riska Ovany mengungkapkan, data tersebut berdasarkan dari penjangkauan tim KPA yang ada di 3 kabupaten/Kota tersebut.

Sedangkan kabupaten yang lain data hanya didapat dari fasilitas kesehatan yang didatangi langsung oleh penderita.

Riska Ovany juga menerangkan bahwa yang terkonfirmasi HIV/AIDS itu tidak semuanya karena berperilaku yang negatif.

Contohnya, transfusi darah yang dilakukan oleh pihak terkait sudah benar hanya saja, si pendonor tidak mengetahui bahwa ia terkena HIV lalu mentransfusikan darahnya, akhirnya menjangkiti ke orang yang ditransfusikan darahnya.

Baca juga: Produksi Hasil Perikanan Tangkap Kota Palangkaraya Kalteng Mengalami Kenaikan 78,81 Ton

"Tidak semua yang terkena HIV/AIDS itu karena perbuatan atau perilaku yang negatif, tetapi juga bisa melalui transfusi darah," tambahnya.

Ia juga menerangkan bahwa KPA Kalimantan Tengah sudah banyak melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan HIV/AIDS ini.

"Sebagai upaya pencegahan dan penanganan kami KPA Kalteng sudah melakukan sosialisasi kemasyarakat dengan harapan bisa menekan angka HIV/AIDS di Kalimantan Tengah," pungkasnya.

Hari AIDS sedunia jatuh setiap tanggal 1 Desember, merupakan peringatan rutin tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran global.

Tetap menjadi masalah kesehatan masyarakat utama yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.(*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved