Breaking News:

Techno

Daftar Aplikasi yang Disusupi Malware, Segera Cek HP dari Virus Penyedot Pulsa

Kabarnya, sudah sekitar 10 juta smartphone Android di lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia, telah terjangkit malware ini

Editor: Dwi Sudarlan
istimewa/kompas
Ilustrasi malware di Android, pengguna HP harus hati-hati mengunduh aplikasi karena ada malware yang disusupkan di 200 lebih aplikasi 

TRIBUNKALTENG.COM - Daftar aplikasi yang disusupi malware, cek HP dari virus jahat penyedot pulsa.

Peringatan bagi pengguna HP (handphone) untuk tidak sembarangan mengunduk aplikasi.

Pasalnya, ada malware yang menyusup di ratusan aplikasi yang bisa menipu dan menguras uang pengguna HP.

Ratusan aplikasi telah disusupi malware yang akan membombardir pengguna dengan notifikasi bahwa pemilik ponsel mendapat hadiah dan penawaran menarik dari aplikasi tersebut.

Baca juga: Segera Hapus Bila Punya, 9 Aplikasi Android Ini Bisa Curi Password dan Bajak Data Facebook

Baca juga: Hasil Survei Aplikasi Kencan: Orang Dewasa Lebih Pilih Orang yang Sudah Divaksin untuk Kencan

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Google Terus Berhenti, Pengguna Android Keluhkan Google Error

Kabarnya, sudah sekitar 10 juta smartphone Android di lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia, telah terjangkit malware yang sudah beroperasi sejak November 2020 itu

Firma riset mobile security asal Amerika Serikat (AS), Zimperium, dalam laporan terbarunya mengatakan, malware itu bernama GriftHorse.

Malware itu diselipkan oleh pembuatnya, ke lebih dari 200 aplikasi Android di toko aplikasi Google PlayStore, dan bisa menyedot pulsa pemilik ponsel.

Apabila pengguna benar-benar terkecoh dan memasukkan nomor handphone-nya, saat diminta aplikasi itu, mereka otomatis akan terdaftar pada layanan SMS berlangganan, yang disebut bisa menyedot pulsa secara diam-diam hingga 30 euro (sekitar Rp 500.000) per bulan.

Dari operasi malware ini, penyebar GriftHorse disebut bisa mendulang pendapatan antara 1,2 juta euro (sekitar Rp 20 miliar) hingga 3,5 juta euro (sekitar Rp 58 miliar) per bulan.

Zimperium mengeklaim, pihaknya sudah melaporkan hal ini ke Google, dan ratusan aplikasi Android yang terjangkit GriftHorse tadi disebut sudah dihapus dari PlayStore.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved