Breaking News:

Berita Nasional

33 Nama Calon Dubes RI Akan Jalani Fit and Proper Test Juli 2021, ini Kata Komisi I DPR RI

Ada 33 calon duta besar yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo kepada DPR.Komisi I DPR menjadwalkan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon.

Editor: Nia Kurniawan
Istimewa Syaifullah Tamliha
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PPP masa bakti 2019-2024, Syaifullah Tamliha 

TRIBUNKALTENG.COM - Komisi I DPR menjadwalkan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon duta besar luar biasa berkuasa penuh (LBBP) RI untuk negara sahabat dan organisasi internasional pada minggu kedua Juli 2021.

DPR telah menerima surat presiden mengenai nama-nama calon duta besar yang diajukan ke DPR.

"Betul suratnya sudah masuk DPR. Sesuai Tatib DPR, Surpres tersebut disampaikan pimpinan DPR dalam rapat paripurna yang kemarin dibacakan dan paripurna sudah menyetujui para calon Ambassador akan dilakukan F & P oleh komisi 1 DPR," Ucap Politikus PPP, Syaifullah Tamliha, yang juga anggota Komisi I DPR ini.

Baca juga: Tingkatkan Kinerja dan Peran Banggar, DPRD Kabupaten Kapuas Konsultasi ke Luar Daerah

Baca juga: Doa Nabi Musa dan Doa Nabi Yusuf, Amalan Doa untuk Selesaikan Masalah Berat dengan Orang Lain

Dalam dokumen yang tersebar, ada 33 calon duta besar yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo kepada DPR.

"Karena sifat suratnya adalah Rahasia, maka Surpres tersebyt hanya dibacakan nomor, tanggal dan perihalnya saja. Saya mohon maaf tidak bisa menyampaikan kepada publik tentang nama2 tersebut, sebab sesuai Tatib DPR yg menyangkut rahasia negara tidak bisa dipublikasikan dikarenakan seorang calon dubes setelah lulus F & P mesti terlebih dahulu ‘dikonsultasikan’ kepada kepala negara dan parlemen negara tersebut apakah diterima atau ditolak. Jika negara tujuan penempatan ‘tidak keberatan’ atas calon dubes kita yang disampaikan jawabannya secara tertulis, maka presiden Jokowi baru bisa melantik sang dubes tersebut, sehingga biasanya tidak selalu seluruh calon dubes tersebut dilantik secara bersamaan dan yang terjadi sering ‘dicicil’ pelantikannya," bebernya.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (25/6/2021) mengatakan bahwa uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon duta besar luar biasa berkuasa penuh (LBBP) RI untuk negara sahabat dan organisasi internasional pada minggu kedua Juli 2021.

"Insya Allah kalau tidak ada halangan Minggu kedua bulan Juli," katanya.

Baca juga: Bantu Pemasaran Produk UMKM Kalteng, Pemprov Kalteng Bersama BI Luncurkan Web BelanjaKalteng.com

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Fit and Proper Test" Calon Dubes Digelar Juli, Berikut Daftar Nama yang Beredar"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved