Breaking News:

Berita Kalteng

MAN Kapuas Gelar Pendidikan Karakter Secara Daring, Isi Aktivitas Peserta Didik Saat Ramadan

Saat pandemi tidak ada kegiatan Pesantren Ramadan, MAN Kapuas menggantinya dengan kegiatan Pendidikan Karakter (Peka) Ramadan secara daring.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Syaiful Akhyar
tribunkalteng.com/Fadly Setia Rahman
Kepala MAN Kapuas, Ahmad Mulyadi saat membuka kegiatan PEKA Ramadan secara daring 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Saat pandemi tidak ada kegiatan Pesantren Ramadan, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kapuas menggantinya dengan kegiatan Pendidikan Karakter (Peka) Ramadan secara daring.

Memanfaatkan YouTube, Grup WhatsApp hingga Google Classroom, Peka Ramadan MAN Kapuas dilaksanakan sejak 15 April hingga 7 Mei mendatang.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengusung tema "Tingkatkan Iman dan Taqwa (Imtaq), Tanamkan Akhlak".

Ketua Panitia, Gazali Rahman menerangkan bahwa Peka Ramadan ini bertujuan sesuai tema kegiatan. "Meningkatkan Imtaq dan menanamkan akhlak kepada peserta didik melalui pendidikan karakter," katanya, Sabtu (17/4/2021).

Baca juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Palangkaraya Minggu, 18 April 2021, Lengkap Ada Bacaan Niat Puasa

Baca juga: Harga Huawei Band 6, Gelang Pintar Canggih yang Bisa Pantau Menstruasi dan Detak jantung

Baca juga: Berhubungan Suami Istri, Lupa Mandi Junub dan Tidak Sahur, Sahkah Tetap Berpuasa? Ini Hadisnya

Peka Ramadan diisi dengan kegiatan Salat Dhuha, Tadarus Alquran Online, ceramah dan diakhiri nantinya dengan Pekan Ramadan.

Yakni akan dilaksanakan lomba-lomba secara online diantaranya Syarhil, Tilawah, Adzan, dan Kultum.

"Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik dan mendapat bimbingan serta pendampingan dari seluruh Dewan Guru MAN Kapuas," terang Gazali Rahman.

Ia juga menambahkan bahwa untuk memantau dan membimbing kehadiran dan partisipasi pesdik pada kegiatan Peka Ramadan, guru menggunakan grup WhatsApp dan menyebarkan link kehadiran di google classroom.

"Adapun materi ceramah yang berisi pendidikan karakter pada peserta didik disampaikan oleh guru yang bertugas melalui YouTube," tandasnya.

Sementara itu, Kepala MAN Kapuas, Ahmad Mulyadi mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan Peka Ramadan tersebut.

"Alhamdulillah, walaupun di masa pandemi, MAN Kapuas masih bisa melaksanakan kegiatan Pendidikan Karakter kepada peserta didik," ungkapnya.

Walaupun, lanjutnya, kegiatan dilaksanakan secara daring memanfaatkan internet dan media sosial.

"Dengan adanya kegiatan ini tentu akan lebih meningkatkan Imtaq dan semoga bisa melahirkan peserta didik yang berakhlakul karimah," ujarnya.

(tribunkalteng.com/Fadly SR)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved