Breaking News:

Hasil Studi: Generasi Milineal dan Generasi Z Lebih Pilih Medsos Daripada Bercinta

Menurut studi dampak lain dari penggunaan medsos oleh generasi milineal dan generasi Z adalah jarang bercinta dengan pasangan

Editor: Dwi Sudarlan
Istimewa/Antonio Gulem
Ilustrasi pilih bercinta atau medsos 

TRIBUNKALTENG.COM - Menurut studi atau penelitian, dampak lain dari masifnya penggunaan media sosial (medsos) oleh generasi milineal dan generasi Z adalah jarang melakukan hubungan sex atau bercinta dengan pasangan. Kok bisa?

Hal itu terungkap dari hasil studi atau penelitian yang dilakukan para peneliti di Rutgers University dan University at  Albany.

Banyak bukti diperoleh yang menyebutkan bahwa generasi milenial dan generasi Z jarang melakukan hubungan seks tanpa komitmen (casual sex) dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Studi itu melihat pria dan wanita berusia antara 18-23 tahun lebih sedikit casual sex atau hubungan seks tanpa pasangan jangka panjang, dibandingkan orang yang 10 tahun lebih tua dari mereka.

Data-data yang dikumpulkan antara tahun 2007-2017 itu mencakup dinamika dan gaya hidup keluarga, yang secara khusus memeriksa tanggapan tentang aktivitas seksual untuk 945 wanita dan 1.040 pria.

Setelah memeriksa data lain, para peneliti percaya penurunan konsumsi alkohol, penggunaan media sosial, peningkatan bermain video game, dan orang dewasa muda yang tinggal bersama orangtua untuk jangka waktu yang lebih lama menyebabkan penurunan 14 persen selama periode 10 tahun.

Baca juga: Menikah 6 Bulan Lalu, Pengantin Baru Ini Jadi Bomber dan Tewas Bareng Saat Ledakkan Bom Bunuh Diri

Baca juga: Sambiloto, Meski Pahit Ampuh Turunkan Gula Darah, Hati-hati bagi Penderita Penyakit Pencernaan

Baca juga: 6 Jam Sembunyi di Bawah Tempat Tidur Lalu Bunuh Selingkuhan Istri, Bharat Terancam 20 Tahun Penjara

Kelompok anak muda ini disebut bergantung pada orangtua mereka untuk waktu yang lebih lama.

"Menurunnya casual sex di antara kelompok usia ini bisa menjadi tanda lain dari penundaan transisi ke masa dewasa," kata rekan penulis studi dan asisten profesor sosiologi di Rutgers, Lei Lei.

Sementara itu, pada Desember 2018, reporter The Atlantic, Kate Julian, menerbitkan sebuah cerita tentang menurunnya hubungan seks di kalangan generasi milenial Amerika Serikat (AS).

The Washington Post juga melaporkan data dari General Social Survey tahun 2019 yang memperkuat gagasan bahwa kaum muda di AS sedang mengalami kekeringan seks.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved