Wabah Corona Kalsel

Wabah Corona Kalsel, Virus B117 di Kalsel Ternyata dari Nyonya LM Datang Dari Bandung

Wabah corona Kalsel, terungkap asal virus baru corona B117 yang baru dirilis oleh Kemenkes yang salah satunya diketahui dari Kalimantan Selatan.

Penulis: Milna Sari | Editor: edi_nugroho
Foto Humas Polresta Banjarmasin
ilustrasi: Wabah Corona Kalsel, Sebanyak100 personel Polresta Banjarmasin mengikuti jalannya vaksinasi Covid-19 yang digelar Rabu (03/03/2021), kemarin di Rupatama Mapolresta. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARBARU - Wabah corona Kalsel, terungkap asal virus baru corona B117 yang baru dirilis oleh Kemenkes yang salah satunya diketahui dari Kalimantan Selatan.

Menurut Kadinkes Kalsel HM Muslim saat dihubungi Selasa (9/3/2021) dalam perjalanan ke Tabalong bahwa penyitas virus B117 tersebut memang dari sampel yang dikirim oleh Pemprov Kalsel namun bukan warga Kalsel.

Adalah perempuan asal Bandung, LM, yang mendatangi suaminya yang tengah bekerja proyek di Tapin Kalimantan Selatan.

Kedatangan LM ke Kalsel terjadi pada September 2020 lalu ke Tapin. Saat tes antigen untuk naik pesawat ke Kalimantan Selatan LM masih berstatus negatif.

"Tidak tahu juga tertular dari mana LM, tapi yang bersangkutan dalam kondisi tanpa gejala," ujar Muslim.

Saat ini ujar Muslim sedang ditelusuri kontak erat LM yang kemungkinan datang dari perjalanan luar negeri. Selain itu kontak erat LM yang sempat beberapa bulan di Kalsel juga terus ditelusuri.

"Tenaga tracing kini sekarang sudah diterjunkan ke Tapin dan Kabupaten Banjar yang sekarang jadi lokasi proyek suami LM," ujarnya.

Suami LM usai dilakukan swab tes pcr ujar Muslim juha sudah dinyatakan negatif. Suami LM diketahui hanya tinggal di mes perusahaan.

LM sempat dirawat di Kalsel dan menjalani isolasi mandiri di Kalsel. Namun Februari 2021 lalu LM sudah kembali ke Bandung.

Ditanya mungkinkah LM terpapar Corona B117 di Kalsel terang Muslim saat ini masih ditelusuri. Virus B117 menurut para ahli ujarnya lebih cepat penyebarannya dibandingkan Covid 17.

Lalu bagiamana dengan vaksinasi yang sudah dilakukan akankah juga diperuntukkan untuk B117 jelas Muslim para ahli yang akan meneliti.

Meski begitu masyarakat ia minta tetap waspada terhad

Baca juga: Penderita Tumor Kalsel, Heboh Balita di Patih Selera Batola Menderita Tumor Jinak

ap penyebaran virus Corona baru B117.

"Tetap jangan lengah untuk menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Selain Kalimantan Selatan virus dari London Inggris tersebut juga terdapat satu kasus di Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 Januari 2021, satu kasus di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 12 Februari dan satu kasus di Medan, Sumatera Utara, pada 28 Januari.
(Tribunkalteng.com/milna sari).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved