Breaking News:

Berita Ekonomi

Uang Muka Beli Mobil 0 Persen Pada Maret 2021 Manjakan Konsumen

Calon konsumen mobil baru siap dimanjakan sejumlah insentif fiskal pada Maret mendatang. Selain relaksasi PPnBM, pemerintah melalui Bank Indonesia jug

Editor: edi_nugroho
kompas.com
Ilustrasi booth Honda dalam ajang otomotif nasional. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Calon konsumen mobil baru siap dimanjakan sejumlah insentif fiskal pada Maret mendatang. Selain relaksasi PPnBM, pemerintah melalui Bank Indonesia juga telah mengumumkan keringanan kredit dengan DP 0 persen.

Agus Gumiwang Kartasamita, Menteri Perindustrian RI, mengatakan, pemerintah ingin meningkatkan pertumbuhan industri otomotif yang anjlok pada tahun lalu.

“Industri otomotif merupakan salah satu sektor andalan yang memiliki kontribusi sangat besar terhadap perekonomian nasional,” ujar Agus, dalam konferensi peluncuran IIMS Virtual, Kamis (18/2/2021).

Baca juga: Inilah Kriteria Mobil Baru yang Dapat Insentif Pajak 0 Persen

Tak heran jika pemerintah berupaya menggenjot penjualan mobil dengan kebijakan-kebijakan tersebut.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, mengatakan, DP 0 persen tentu akan memberikan dampak pada penjualan.

“DP 0 tentunya sangat mempengaruhi penjualan,” ujar Billy kepada Kompas.com (19/2/2021).

Kredit kendaraan jadi alternatif pembayaran yang mendominasi transaksi jual beli saat ini.(Zulkifli BJ)

Menurut Billy, dampak penjualan akan terasa, terutama di segmen menengah ke bawah, di mana konsumen banyak melakukan pembelian kendaraan secara kredit.

Kebijakan ini barangkali mirip dengan aturan relaksasi PPnBM 0 persen yang mengincar mobil dengan kapasitas 1.500 cc ke bawah. Di mana pasar ini merupakan segmen mobil dengan penjualan terbesar dari tahun ke tahun.

Stimulus pun diberikan untuk menghentikan penundaan pembelanjaan dan agar dapat menggairahkan penjualan otomotif domestik

“Karena segmen menengah adalah segmen yang paling banyak dan membutuhkan keringan pembelian dengan DP 0 persen. Tapi kami masih mempelajari lebih dalam untuk detail kebijakan ini,” kata Billy. (kompas.com).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Uang Muka 0 Persen Bisa Pengaruhi Penjualan Mobil Segmen Menengah ke Bawah"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved