Breaking News:

Wabah Corona Kalsel

Besok, Gubernur Kalsel Akan Disuntik Vaksin Covid-19 Besok

Menysul Presiden Joko Widodo yang sudah divaksin Covid-19 Rabu (13/1/2021), Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor juga rencananya akan menajalani vaksinasi

SHUTTERSTOCK
ILUSTRASI - Vaksin Covid-19. 

Editor: Edi Nugoho

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menyusul Presiden Joko Widodo yang sudah divaksin Covid-19 Rabu (13/1/2021), Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor juga rencananya akan menajalani vaksinasi Covid-19, Kamis (14/1/2021).

Hal ini dibenarkan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalsel, H M Muslim.

"Ya setelah tadi Presiden, rencananya Pak Gubernur juga besok bersama Forkopimda, Ketua Organisasi Profesi seperti Ketua IDI dan tokoh agama juga," kata Muslim dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Rabu (13/1/2021).

Vaksinasi Covid-19 terhadap Gubernur Kalsel dan Forkopimda juga para Ketua Organisasi Profesi serta beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kalsel akan menjadi inisiasi vaksinasi Covid-19 di Kalsel.

Baca juga: Geger Pria Asal Surabaya Tewas di Rumah Kontrakan Banjarmasin

Inisiasi vaksinasi terhadap Gubernur, Forkopimda hingga para tokoh agama dan masyarakat di Kalsel ini kata Muslim dilakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa vaksinasi Covid-19 aman dilakukan.

Lalu pada hari yang sama, vaksinasi terhadap sumber daya manusia kesehatan (SDM-K) juga akan serentak dilaksanakan di tiga kabupaten/kota di Kalsel, yaitu di Kota Banjarmasin dan Banjarbaru serta di Kabupaten Banjar.

"Vaksin yang digunakan adalah vaksin yang sama yang digunakan Presiden tadi, yaitu vaksin Covid-19 produksi Sinovac," kata Muslim.

Hingga saat ini kata Muslim, dari seluruh vaksin Covid-19 yang diterima di Kalsel merupakan vaksin Covid-19 produksi Sinovac.

Vaksin produksi Sinovac menurutnya memang merupakan salah satu vaksin yang metode penyimpanannya tidak terlalu sulit sehingga lebih mudah didistribusikan.

"Kalau vaksin Sinovac ini penyimpanannya juga tidak ribet, bisa disimpan di suhu 2-8 derajat selsius. Kalau yang lain beragam ada yang harus minus 20 derajat," bebernya.

Dijelaskan Muslim, saat ini vaksin tersebut sudah didistribusikan ke tiga kabupaten/kota tersebut dan selanjutnya dilaksanakan distribusi ke fasilitas-fasilitas kesehatan yang tersebar di tiga kabupaten/kota tersebut.

Untuk vaksinasi awal ini, Satgas Penanganan Covid-19 Kalsel sudah mendistribusikan jumlah vaksin yang cukup untuk 6.740 orang SDM-K di Kota Banjarmasin, lalu untuk 3.400 SDM-K di Kabupaten Banjar dan untuk 1.960 SDM-K di Kota Banjarbaru.

Jumlah tersebut kata dia sesuai dengan jumlah SDM-K yang sudah diinput masing-masing kabupaten/kota sebelumnya melalui sistem yang juga sudah diverifikasi.

Sedangkan, bagi SDM-K di sepuluh kabupaten/kota lainnya di Kalsel, vaksinasi rencananya akan dimulai pada awal Bulan Pebruari Tahun 2020. (Tribunkaltengcom//Achmad Maudhody)

Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved