Breaking News:

Prediksi Cuaca

Imbauan BMKG pada Maskapai Penerbangan, Waspadai Awan Cumulonimbus 7 Hari ke Depan

BMKG sejak Oktober 2020, telah memprediksikan bahwa Puncak Musim Hujan akan terjadi pada Januari dan Februari

Editor: Rahmadhani
Tribunnews.com
Ilustrasi Prakiraan Cuaca 

TRIBUNKALTENG.COM - Sektor penerbangan Indonesia kembali berduka setelah jatuhnya pesawat penumpang Sriwijaya Air SJ182.

Pesawat boeing 737-524 Sriwijaya Air dengan rute penerbangan Jakarta-Pontianak itu jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021) siang.

Disebutkan bahwa pesawat yang membawa 6 awak dan 56 penumpang ini telah mengalami hilang kontak di sekitar pukul 14.36 WIB di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu.

Sementara itu, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak Oktober 2020, telah memprediksikan bahwa Puncak Musim Hujan akan terjadi pada Januari dan Februari 2021.

Baca juga: Ramalan Zodiak Senin 11 Januari 2021 : Aries dan Gemini Luar Biasa, Libra Bersiaplah

Di mana pada saat puncak musim hujan terjadi, maka potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia ikut meningkat.

Bahkan, Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guswanto juga mengatakan, untuk tujuh hari ke depan diprediksikan potensi cuaca ekstrem berpeluang terjadi di sejumlah wilayah.

Cuaca ekstrem tersebut berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, hujan lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir, serta gelombang tinggi yang membahayakan pelayaran dan penerbangan.

Sehingga bagi sektor transportasi udara, cuaca ekstrem ini sangat berpengaruh terhadap keselamatan penerbangan.

Untuk penerbangan, berdasarkan analisis dan prediksi BMKG yang disampaikan Desember lalu dan selalu diperbarui, Guswanto berkata, saat ini secara umum masih berpotensi tinggi terjadinya pembentukan awan- awan Cumulonimbus (CB) yang dapat membahayakan penerbangan.

Potensi pembentukan awan CB tersebut terutama di wilayah berikut;

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved