Berita Banjarbaru

Penularan Covid -19 Menanjak, Bupati Tala Kalsel Perketat Perjalanan Dinas Pegawai

Masih menanjaknya corona virus diseases (covid-19) di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), disikapi serius oleh pemerintah daerah

Penulis: Idda Royani | Editor: edi_nugroho
AGUS UNTUK TRIBUKALTENG.COM
Bupati Tala H Sukamta bersama Forkominda turut terjun ke lapangan memastikan tak ada pelancong yang kemping pada momen pergantian tahun dua hari lalu. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM\, PELAIHARI - Masih menanjaknya corona virus diseases (covid-19) di Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel), disikapi serius oleh pemerintah daerah setempat.

Tim Satgas Covid-19 Tala telah menggelar rapat melibatkan semua pihak terkait menyusul kembali masuknya Tala ke zona merah.

Langkah strategis pun mulai dilakukan. Diawali pembatasan jam buka dan kunjungan di objek wisata, larangan perayaan malam pergantian tahun, dan pengintensifan patroli penegakkan disiplin protokol kesehatan.

Baca juga: Belajar Tatap Muka, Disdik Banjabaru Lakukan Verifikasi Sekolah Pinggiran

Bupati Tala H Sukamta juga melakukan pembatasan kegiatan ke luar daerah bagi pegawai di lingkungan pemerintahannya. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 065/3697/ORG tahun 2020.

Pembatasan perjalanan dinas ke luar kota tersebur sebagai respons cepat mencegah adanya peningkatan kasus positif Covid-19 yang baru.

"Dalam kondisi tertentu masih bisa melakukan perjalanan dinas jika memang sangat penting," sebut Sekretaris Daerah Tala H Dahnial Kiflie, Minggu (3/1/2021).

Ia mengatakan ada edaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparagur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) tentang hal-hal yang diperbolehkan melakukan perjalanan dinas.

"Yang jelas harus ada izin dari bupati. Kalau dianggap sangat penting, diizinkan denga tetap mempersyaratkan penerapa prokes yang ketat," tandasnya.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Tala juga memperkuat pengawasan dan edukasi kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan. Terutama di tempat keramaian publik.

"Komunikasi publik dan pendekatan serius harus dilakukan untuk mencegah potensi kerumunan," tandas Wakil Ketua II Satgas Penanganan Covid-19 Dandim 1009/Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo.

Pihaknya bersama Polres Tala siap mem-back up dalam penyampaian imbauan, mengawal dan mengawasi langsung acara atau menindak protokol kesehatan yang dilanggar.

"Kita harus edukasi tegas bahayanya Covid-19 ini, demi keselamatan warga Tanahlaut," tandas Adi. (Tribunkalteng.com/idda royani)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved