Breaking News:

Berita Kapuas

Disdagperinkop dan UKM Kapuas Adakan Pelatihan Menjahit Tas Rotan Modifikasi Kulit

pelatihan ini sebagai upaya membantu para pelaku usaha di tengah pandemi, khususnya pengrajin rotan, guna mengembangkan produk olahan kerajinan

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Edinayanti
tribunkalteng.com/fadly
Kabid Industri Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Ferdinan Junarko saat memantau pelatihan menjahit tas rotan modifikasi kulit 

TRIBUNKALTENGCOM, KUALAKAPUAS - Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (Disdagperinkop dan UKM) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), mengadakan pelatihan menjahit tas rotan modifikasi kulit.

Ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pemberdayaan dan membantu pelaku usaha kerajinan lokal di masa pandemi.

Pelatihan berlangsung di Kantor Disdagperinkop dan UKM Kapuas.

Kabid Industri Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Ferdinan Junarko diwawancarai banjarmasinpost.co.id, mengatakan pelatihan ini sebagai upaya membantu para pelaku usaha di tengah pandemi, khususnya pengrajin rotan, guna mengembangkan produk olahan kerajinan yang digeluti.

Baca juga: Bacokan Mandau Tewaskan Warga Kelayan, Pemuda Banjarmasin Reka Ulang Aksinya

Baca juga: Anggota TNI AL di Banjarmasin Ditemukan Tak Bernyawa di Rumah Kontrakan

"Melalui pelatihan menjahit tas rotan modifikasi kulit yang kami adakan kemarin, diharapkan dapat menumbuhkan semangat berkarya pengrajin dan bisa meningkatkan perekonomian kembali tentunya," kata Ferdinan, Rabu (2/12/2020).

Dilanjutkannya, peserta yang mengikuti pelatihan saat itu sekitar 40 orang, dan diprioritasikan memang mereka yang sudah punya usaha dan pengalaman menjahitnya sudah ada.

"Ini sudah yang ketiga kalinya pelatihan kami laksanakan. Peserta ini masyarakat umum tapi memang punya usaha, mereka ini dari sentra kerajinan, seperti dari Pulau Telo Lama dan Pulau Telo Baru," bebernya.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan, Disdagperinkop dan UKM Kapuas mendatangkan satu orang instruktur ahli di bidangnya dari Bantul, Yogyakarta.

"Instruktur yang kami datangkan ini Pak Surono. Pokoknya wilayah Kalimantan - Sumatera beliau sering sudah memberikan pelatihan," ujarnya.

Tak terhenti sampai pelatihan, Disdagperinkop dan UKM Kapuas juga berupaya membantu para pelaku usaha dalam hal pemasaran.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved