Breaking News:

Berita Palangkaraya

Dayung Hantu Khas Dayak Kalteng Menjadi Olahraga Nasional, Sejarahnya Berhubungan dengan Mistis

Olahraga tradisional Basei Kambe atau lebih dikenal dengan Dayung Hantu merupakan olahraga yang sangat dikenal oleh warga Dayak Kalimantan Tengah.

Portina Kalteng
Olahraga Tradisional Khas Dayak Kalteng, Besei Kambe (Dayung Hantu) 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Olahraga tradisional Basei Kambe atau lebih dikenal dengan Dayung Hantu merupakan olahraga yang sangat dikenal oleh warga Dayak Kalimantan Tengah.

Kini olahraga tradisional sudah menasional.

Pengurus Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Provinsi Kalimantan Tengah dibantu Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Kalteng berhasil mengangkat cabang olahraga Tradisional Besei Kambe meraih juara pertama dalam kejuaraan nasional Festival Olahraga Tradisional Asli Daerah Indonesia yang digelar Portina Pusat.

Ketua Portina Kalteng, Karuhei, Rabu (11/11/2020), mengungkapkan, dia bersama pengurus Portina Kalteng lainnya, membuat video tentang olahraga Besei Kambe tersebut lengkap dengan narasi latar belakang sejarah dan asal-usulnya.

Baca juga: Plt Gubernur Kalteng Pantau Penyaluran Bantuan Sosial Tahap II, Ingatkan Pelaksana tak Main-main

Baca juga: Download Lagu What You Know Bout Love dari Pop Smoke Lengkap Lirik Lagu yang Viral di Tiktok

Baca juga: Link Download Lagu Allahul Kafi dari Nissa Sabyan Lengkap Video Klip dan Lirik Lagu

Video olahraga besei kambe tersebut untuk diikutkan dalam lomba olahraga secara nasional melalui virtual dengan lokasi di Sungai Kahayan Palangkaraya, tepat di bawah Jembatan Kahayan, tanggal 25 Oktober 2020 lalu.

"Kami membuat video olahraga besei kambe dengan modifikasi beberapa nomor dari tunggal putra maupun tunggal putri juga ganda putra dan putri juga campuran," ujarnya.

Menurut dia, video olahraga tradisional dayak khas Kalteng tersebut, kemudian dikirim awal Nopember 2020 lalu, ke panitia pusat.

"Tanggal 10 Nopember 2020 hasil penilaian dilakukan melalui virtual dan terbuka disaksikan 17 Provinsi di Indonesia yang juga ikut dalam lomba tersebut," ujarnya.

Ditegaskan dia, Video Olahraga Besei Kambe terpilih sebagai terbaik 1 Nasional.

Olahraga tradisional dayak Kalteng tersebut dipilih sebagai salah satu cabang olahraga nasional yang bisa dipertandingkan.

Halaman
12
Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved