Breaking News:

Pilkada Kalteng

Pasukan Dalmas Digembleng Latihan Pengamanan Pilkada Kalteng

Semakin mendekati pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang akan digelar, Rabu (9/12/2020)

Penulis: Fathurahman | Editor: edi_nugroho
Foto Polda Kalteng
Pasukan Dalmas Polda ini disiapkan untuk pengamanan jika terjadi aksi unjukrasa saat pelaksanaan tahapan Pilkada Kalteng. 

Editor: Edi  Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Semakin mendekati pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang akan digelar, Rabu (9/12/2020) mendatang disikapi Polda Kalteng dengan mengembleng pasukan Dalmas giat melakukan latihan.

Hampir setiap hari peraonil Polda Kalteng, menggelar latihan pengamanan dalam menghadapi pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah tersebut, sehingga warga Kalteng yang lewat Bundaran Besar Palangkaraya sering melihat di kawasan tersebut digelar latihan Dalmas.

"Saya sering lewat Jalan Yos Soedarso kawasan Bundaran Besar, pagi maupun sore hari, juga saat melewati Mapolda di Jalan Tjilik Riwut km 1 Palangkaraya, sepertinya polisi dalam beberapa hari ini makin sering latihan pengamanan aksi unjukrasa. Bahkan, saat lewat di depan Kantor KPU Kalteng juga ada latihan penjinak bom," ujar Darmansyah warga Palangkaraya, Minggu (18/10/2020).

Baca juga: Pertokoan Pasar Kahayan Palangkaraya Banyak Yang Tutup Karena Alasan Ini

Direktur Samapta (Dirsamapta) melalui Kepala Sub Direktur Dalmas (Kasubdit Dalmas) AKBP Nur Wahyudi menjelaskan, salah satu hal yang paling penting dalam pengamanan menjelang Pilkada 2020 adalah Kemapuan pengamanan dari Dalmas.

"Komponen paling penting dalam pengamanan menjelang Pilkada yaitu Dalmas, karena gangguan kamtibmas yang akan timbul jika tidak kondusif adalah aksi unjuk rasa. Oleh karena itu personel Ditsamapta juga harus mampu dalam Dalmas, baik eskalasi awal hingga lanjut ," ujarnya.

Dia berharap banyak latihan pengamanan, personel Ditsamapta akan selalu siap kapanpun dibutuhkan dan dalam kondisi apapun terutama saat ini tahapan Pilkada masih terus berjalan."Personel Ditsamapta selalu siap apabila dibutukan, mengingat pesta akbar Pilkada 2020 semakin dekat ," ujarnya.

Latihan Dalmas ini, juga dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Tjilik Riwut Pold Kalteng yang berada di Kabupaten Pulang Pisau. Personil baru Polri Polda Kalteng yang baru lulus dan dilantik menjadi polisi, langsung dilatih untul pengamanan Pilakda Dalmas tersebut, agar profesional dalam pengamanan aksi unjukrasa jelang Pilkada di Kalteng.
(Tribunkalteng.com / faturahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved