Breaking News:

Iptek

Google Meet Versi Gratis Dibatasi 1 Jam per Hari, Mulai Tanggal Ini

Sejak awal pandemi Covid-19, Google menggratiskan fitur premium layanan video telekonferensi Google Meet untuk semua pengguna

Editor: edi_nugroho
techradar.com
Ilustrasi Google Meet 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM - Sejak awal pandemi Covid-19, Google menggratiskan fitur premium layanan video telekonferensi Google Meet untuk semua pengguna. Salah satu fitur premium yang bisa dinikmati adalah panggilan video dengan durasi yang tidak terbatas.

Semua pemilik akun Gmail bisa menggunakan Google Meet secara cuma-cuma tanpa batas waktu mulai 1 Maret hingga 30 September. Informasi tersebut tertulis di halaman resmi Google Meet.

Memasuki minggu ketiga bulan September, Google tampaknya belum mengubah kebijakannya terkait fitur premium di Google Meet tersebut.

Pada halaman resmi Google Meet, masih tertulis bahwa batas waktu fitur premium yang bisa diakses pengguna gratis hanya sampai 30 September mendatang.

Itu artinya, kemungkinan besar dalam hitungan beberapa hari ke depan layanan gratis Google Meet bisa kembali dibatasi.

Dalam laman resminya, apikasi Google Meet menyantumkan keterangan durasi rapat online gratis 24 jam hanya bisa diakses hingga 30 September 2020. Di atas keterangan tersebut, tertulis bahwa durasi maksimum rapat online gratis dibatasi hanya 1 jam.

Jumlah peserta rapat maksimum dibatasi hingga 100 orang. Namun, Google sebenarnya bisa saja memperpanjang masa gratis fitur premium di Google Meet ini. Apalagi saat ini masih banyak negara yang masih harus beraktivitas di rumah karena pandemi belum usai.

Ketua Umum PKS Ini Apresiasi Pembentukan Pengurus SMSI Kalteng

Pilkada Kotim 2020 - Kapolda Kalteng Ke Sampit Periksa Kesiapan Pengamanan Pilkada Kotim

Sementara itu, pengguna G Suite Essential bisa berlangganan Google Meet dengan membayar 8 dollar AS per bulan atau sekitar Rp 118.000 (kurs rupiah saat berita ini ditulis). Pengguna akan mendapat durasi rapat maksimum 300 jam dengan 150 peserta.
Daftar harga dan fitur yang bisa diakses oleh pengguna Google Meet.

Sebelum bisa diakses gratis, Google Meet hanya bisa diakses oleh pengguna layanan G Suite saja yang kebanyakan berasal dari kalangan enterprise

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved