Breaking News:

Iptek

Cuci Motor Pakai Sabun Colek Ternyata Punya Efek Ini

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pemprov menyarankan agar masyarakat tidak banyak beper

(KOMPAS.com/IST)
Siswa SMPIT Nurul Islam menggelar aksi cuci motor guru dalam peringatan Hari Guru 

Editor: Edi  Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM- Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pemprov menyarankan agar masyarakat tidak banyak bepergian agar bisa mengurangi penyebaran Covid-19.

Sambil mengisi waktu di rumah aja, pemilik motor bisa mencuci motornya sendiri, tidak perlu ke tempat cuci motor. Namanya juga di rumah, kadang pemilik tidak memerhatikan sabun apa yang digunakan untuk mencuci motor.

Karena sedang di rumah, pemilik motor biasa memilih sabun colek atau untuk cuci piring untuk mencuci motor, yang penting menghasilkan busa dan motor bisa bersih. Apakah aman memakai sabun tersebut untuk mencuci motor?

Gelar Harhubnas, Wabup Kapuas Yakin Layanan Transportasi Berjalan Maksimal

Gelar Rakor Percepatan Penyaluran Dana Desa, Ini yang Diharapkan Pemkab Kapuas

Danny Sadikin, pemilik dari Danne Motor Care di Bogor, mengatakan, mencuci motor dengan sabun colek maupun sabun cuci piring, akan memberikan efek yang kurang baik bagi bodi motor.

“Kalau bodi dicuci pakai sabun colek, bodi bakal kusam. Hal ini disebabkan oleh bahan kimianya. Selain membuat kusam, stiker-stiker yang ada di bodi lama-lama bisa hilang,” ucap Danny kepada Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Danny mengatakan kalau mau aman, bisa gunakan sabun khusus untuk bodi maupun bagian lain motor. Sabun yang dibuat khusus biasanya menggunakan bahan kimia yang lebih aman. Tetapi jika mepet, sabun cuci tangan bisa digunakan untuk bagian kaki-kaki.

“Untuk kaki-kaki juga ada sabun khususnya, tetapi kalau kepepet, bisa pakai sabun cuci piring untuk bagian lengan ayun atau swing arm dan ban,” kata Danny. (kompas.com)

Editor: edi_nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved