Breaking News:

Kaltengpedia

KaltengPedia: Profil Museum Kayu Sampit Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

Museum kayu di Kalimantan Tengah adanya di Jalan S Parman Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Letaknya tidak jauh dari Taman Kota

Tribunkalteng.com / faturahman
Museum Kayu Sampit berada di Jalan S Parman sekitar Taman Kota Sampit. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM SAMPIT - Museum kayu di Kalimantan Tengah adanya di Jalan S Parman Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Letaknya tidak jauh dari Taman Kota yang ada di jantung Kota Mentaya.

Kabupaten Kotawaringin Timur, sejak dulu dikenal sebagai penghasil kayu terbesar di Kalimantan Tengah, terutama saat Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Katingan masih masuk wilayah Kotawaringin Timur, banyak kabupaten ini penghasil kayu terbesar di Bumi Tambun Bungai.

Polresta Palangkaraya Selidiki Laporan Kasus Dugaan Pencabulan Anak di Bawah Umur

Museum Kayu di Sampit ini dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan tanggal 6 Oktober 2004, dan dinamakan museum kayu karena kota Sampit pernah berjaya di bidang perkayuan sebelum adanya moratorium produksi hasil kayu.

Museum ini, menyimpan barang-barang yang bersejarah yang ada di Sampit, berupa berjenis-jenis kayu, alat pengolahan kayu, alat komunikasi, alat dapur, alat penangkap ikan, dan alat transportasi lainnya.

Koleksi kayu yang ada di museum ini juga bermacam-macam , seperti kayu ramin, dowel, meranti kuning, alau, kemfa, ulin, benuas, samping, lanan, bangas, sungkui, pantung dan pilam yang biasa dibentuk berbagai furnitur untuk rumah tangga.

Selain menyimpan koleksi terdiri dari bermacam-macam jenis kayu, museum juga mengoleksi alat komunikasi, alat dapur alat penangkap ikan dan transportasi, yakni kereta lokomotif dan mobil jip mantan Gubernur Kalimantan Tengah. (Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved