Breaking News:

KaltengPedia

KaltengPedia - Pelabuhan Sampit Kotim di Jantung Kota Mentaya

Pelabuhan Sampit ini, berada di jantung Kota Mentaya, selama ini dijadikan sebagai tambat kapal penumpan

Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Pelabuhan Sampit. 

TRIBUNKALTENG.COM, KaltengPedia - Pelabuhan Sampit berada di Jalan Muchran Ali, Kecamatan Baamang, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Pelabuhan Sampit ini, berada di jantung Kota Mentaya, selama ini dijadikan sebagai tambat kapal penumpang.

Juga untuk angkutan barang, namun bukan jenis hasil perkebunan kelapa sawit, atau kernel juga CPO, karena untuk angkutan tersebut sudah ada di Palabuhan khusus di Bagendang Kecamatan Mentaya Hilir Utara, Kotim, sekitar 15 kilometer dari Sampit.

Kaltengpedia : Penginapan Unik di Tepi Sungai Kualakapuas Kalteng, Begini Guest House Kota Air

Kaltengpedia - Kantor Bupati Kotawaringin Timur Kalteng

Kawasan pelabuhan Sampit ini berdekatan dengan objek wisata Patung Jelawat sebagai ikon dari Kotawaringin Timur, tepat di samping pelabuhan dan kerap dikunjungi banyak orang untuk bersantai.

Pelabuhan Sampit juga bersebelahan dengan dermaga penyeberangan kapal feri yang setiap hari mengangkut ratusan warga Mentaya Sebarang.

Lokasi Pelabuhan Sampit yang berada di tengah kota, mulai dikurangi untuk angkutan barang, karena kerap kapal yang sandar di pelabuhan ini, bisa lepas kendali sehingga pernah menghantam dinding kawasan patung jelawat.

Kondisi inilah yang kemudian memunculkan wacana akan memindahkan aktivitas kapal di Pelabuhan Sampit ke kawasan Desa Bagendang, karena operasional pelabuhan di kawasan kota rawan bagi permukiman dan bangunan.

tribunkalteng.com/ faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved