Berita Kapuas

Layanan Disdukcapil Kapuas Ini Masuk Top 99 KIPP yang Diadakan KemenPAN-RB

Disdukcapil Kabupaten Kapuas memiliki inovasi dinamakan Simpun yang kini masuk nominasi dalam Top 99 KIPP KemenPAN-RB.

DISDUKCAPIL KABUPATEN KAPUAS UNTUK TRIBUN KALTENG
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Ruseni (tengah), bersama Sekretaris, Sipie S Bungai, memimpin pertemuan untuk mempersiapkan inovasi Simpun menuju Top 40 Lomba Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) KemenPAN-RB, Senin (22/6/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

TRIBUN KALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), mengikutsertakan Simpun dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2020.

Diketahui, Simpun adalah sebuah akronim dari Bahasa Dayak Ngaju Kalimantan Tengah, yakni Sinde Muhun Pelayanan Uras Dinun. Artinya, sekali turun melakukan pelayanan, semua dapat atau selesai.

Sedangkan KIPP, diadakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB).

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas, Ruseni, didampingi Sekretaris, Sipie S Bungai, memimpin rapat koordinasi menuju Top 40 dalam KIPP Tahun 2020 di ruang kerjanya, Senin (22/6/2020).

Dikatakan Ruseni, Simpun merupakan kegiatan pelayanan administrasi kependudukan dengan turun langsung ke desa-desa di Kabupaten Kapuas.

PSBB Kapuas Berlanjut, Petugas Gabungan Lakukan Patroli Sitkamtibmas

Dinsos Kapuas dan Relawan Tagana Jalani Rapid Test, Hasilnya Semua Non Reaktif

PSBB di Kapuas Diperpanjang, Tujuh Kecamatan Masuk PSBB Tahap II, Berikut Kecamatannya

Gandeng Jagau Linga dan Bawi Kameluh Pariwisata Kapuas, Informasikan Pencegahan Covid-19

Sejumlah Pejabat Polres Kapuas Berganti, Ini Daftarnya

Tugas Baru Tagana Kapuas di Masa Pandemi Covid-19, Jadi Petugas Pemakaman Jenazah

Dimulai dari tahap permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran dan lain-lain yang dilakukan di satu tempat secara terintegrasi.

"Inisiatif untuk menerapkan Inovasi SIMPUN adalah sebagai jawaban dan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang terkendala akses pelayanan, akses informasi dan akses transportasi di Kabupaten Kapuas," jelas Ruseni.

Lalu, lanjutnya, memberikan kemudahan pelayanan di bidang administrasi kependudukan serta pencatatan sipil kepemilikan dokumen kependudukan di Kabupaten Kapuas.

Kecamatan yang sudah melaksanakan Inovasi Simpun di Kabupaten Kapuas dimulai dari Kecamatan Timpah, disusul Kecamatan Kapuas Kuala, kemudian Tamban Catur, Kapuas Barat dan Kapuas Timur.

"Ke depannya, Disdukcapil mengusahakan semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas dapat melaksanakan inovasi Simpun  tersebut," ujarnya.

Ruseni menambahkan, syarat untuk pelaksanaan Simpun di desa–desa adalah adanya akses internet.

"Simpun bertujuan untuk menyenangkan masyarakat sesuai dengan motto Disdukcapil yakni membahagiakan masyarakat," pungkasnya.

(Tribun Kalteng/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Alpri Widianjono
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved