Berita Palangkaraya

Gubernur Kalteng Minta Dibangunkan Kereta Api dari Murungraya ke Bengkuang

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, sangat serius dalam menyikapi rencana pengembangan lahan pertanian modern

Humas Pemprov Kalteng
Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, didampingi Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, saat berkunjung ke Kalteng memantau lokasi pengembangan Food Estate di Kawasan Eks PLG. 

Editor: Edi Nugroho

Tribunkalteng.com, palangkaraya-Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, sangat serius dalam menyikapi rencana pengembangan lahan pertanian modern untuk ketahanan pangan tersebut dengan pengembangan lokasi Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas tersebut.

Saat mempimpin rapat koordinasi melalui video conference dalam rangka Pembangunan dan Pengembangan Food Estate di Provinsi Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang Lt. II Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (17/6/2020) kemarin, pihaknya bahkan sudah membicarakan rencana itu kepada presiden sejak lama.

Lahan Seluas 164.598 Hektare Eks PLG Bakal Jadi Lokasi Food Estate

Gubernur Sugianto Sabran mengungkapkan pembahasan Food Estate sudah dibahas sejak tahun 2017 dalam rapat dengan Presiden RI Joko Widodo dan kementerian terkait di Istana Negara Jakarta. Dalam rapat tersebut, Gubernur Kalteng diminta menyampaikan paparan terkait 3 skala prioritas pembangunan nasional.

Menurut Sugianto, dalam rapat itu dia meminta sarana pendukungnya, agar Provinsi Kalteng bisa lebih maju lagi.
"Kami minta dibangunkan rel kereta api dari Kabupaten Murungraya ke Bangkuang, kemudian dari Bangkuang ke Batanjung, saat ini proyek rel kereta api sedang berjalan," ujar Sugianto.

Jadwal Gerhana Matahari Cincin & Daftar Daerah yang Dilalui Fenomena Langit Itu

Terkait pembangunan infrastruktur jalan, khususnya ke Pelabuhan Sigintung, Batanjung, dan Bahaur dia ingin Kalimantan Tengah bermartabat, mandiri, dan berdiri dengan kaki sendiri. " Dengan adanya Pelabuhan Batanjung, saya ingin arus barang bisa keluar masuk dari pintu gerbang Kalimantan Tengah sendiri," tegas Gubernur.

Bahkan sebut Sugianto, rencana pengembangan Food Estate yang direncanakan, sudah disampaikannya kepada Presiden sudah ada investor yang datang ke Kalteng, salah satunya dari Uni Emirat Arab untuk siap bekerjasama untuk Hortikultura di lahan seluas 100 ribu hektare."Ini sudah saya sampaikan. Saya juga minta tenaga kerja lokal diutamakan untuk kegiatan tersebut," ujarnya. (Tribunkakteng.com /faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved