Berita Palangkaraya

Lahan Seluas 164.598 Hektare Eks PLG Bakal Jadi Lokasi Food Estate

Rencana pengembangan lahan pertanian untuk ketahanan pangan nasional di kawasan eks Pembukaan Lahan Gambut (PLG) Kabupaten Kapas

HUMAS PEMPROV KALTENG
FOOD ESTATE-Rencana pengembangan food estate program pertanian dari pusat yang akan dikembangkan di Kabupaten Pulaang Pisau dan Kapuas, Kalimantan Tengah. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Rencana pengembangan lahan pertanian untuk ketahanan pangan nasional di kawasan eks Pembukaan Lahan Gambut (PLG) Kabupaten Kapas dan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah terus dimantapkan dan segera direalisasikan.

Persiapan terus dilakukan hingga, Jumat (19/6/2020) dengan melakukan koordinasi terkait rencana pengembangan lahan pertanian di Bumi Tambun Bungai tersebut. Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng Sunarti, dalam Rapat Terbatas (Ratas) beberapa waktu lalu mengungkapkan soal pencetakan lahan sawah baru di Kalteng untuk pengembangan Food Estate.

Jadwal Gerhana Matahari Cincin & Daftar Daerah yang Dilalui Fenomena Langit Itu

Dia mengungkapkan, Program tersebut, bukan tiba-tiba muncul begitu saja. Tapi, Gubernur Sugianto, sudah mengusulkannya dalam rapat pada 3 Maret 2017 lalu."Pembahasan mengenai Food Estate, rumah sakit tipe A, dan Bandara Tjilik Riwut. Dengan adanya Food Estate di Kalteng, diharapkan Bandara Tjilik Riwut jadi Bandara Internasional," ujar Sunarti.

Program pembangunan dan pengembangan pertanian sendiri diupayakan pemerintah menyusul prediksi akan adanya ancaman krisis pangan, pembatasan ekspor pangan global, ancaman kemarau panjang, gangguan suplai dan distribusi pangan, serta Pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih terjadi.

Balapan Liar di Jalan Bandara, Belasan Remaja Diamankan

Pembangunan Food Estate di lahan seluas 164.598 hektare tersebut, termasuk pembangunan infrastruktur jalan, berlangsung sejak tahun 2020 hingga 2022 yang akan berfokus di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau melalui instensifikasi dan ekstensifikasi lahan pertanian terutama pada kawasan Eks PLG.

Sementara itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat dan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo, mengatakan, pihaknya sangat siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dalam rencana mewujudkan pembangunan dan pengembangan Food Estate yang akan dilakukan pada dua kabupaten sentra pertanian tersebut. (Tribunkalteng.com/Faturahman).

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved