Internasional

China Sebut Amerika Serikat Punya Tunggakan Utang ke PBB 2 Miliar Dolar AS

China menyerukan kepada negara anggota PBB untuk "secara aktif memenuhi kewajiban keuangan mereka kepada PBB", termasuk Amerika Serikat

Sputnik News
Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) 

EDITOR : Rahmadhani

TRIBUNKALTENG.COM - Situasi panas antara Amerika Serikat dan China terus berlanjut.

Baru-baru ini, China menyerukan kepada semua negara anggota PBB untuk "secara aktif memenuhi kewajiban keuangan mereka kepada organisasi ini", dan menekankan bahwa Amerika Serikat (AS) berutang kepada PBB lebih dari US$ 2 miliar.

"Pada 14 Mei, total yang belum dibayar di bawah anggaran rutin dan anggaran pemeliharaan perdamaian PBB masing-masing mencapai US$ 1,63 miliar dan US$ 2,14 miliar dolar AS," kata China dalam pernyataan yang mereka rilis Jumat (15/5).

China mengutip angka utang negara-negara anggota lembaga yang bermarkas di New York, AS, tersebut dari laporan kantor Sekretaris Jenderal PBB dan pertemuan yang organisasi itu adakan pada Kamis (14/5).

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1441 H Minggu 24 Mei 2020, Kemenag Soal Lebaran 2020?

Kalteng Siap Jadi Super Prioritas Ketahanan Pangan Nasional, Presiden Utus Mentan ke Eks PLG Kalteng

Kewajiban tersebut termasuk tunggakan dalam beberapa tahun terakhir.

"Amerika Serikat adalah debitur terbesar, masing-masing masing-masing memiliki US$ 1,165 miliar dan US$ 1,332 miliar," ungkap China seperti dikutip Channelnewsasia.com.

AS adalah kontributor terbesar untuk anggaran PBB, membayar 22% dari biaya operasional tahunan organisasi itu mencapai US$ 3 miliar, dan 25% dari operasi pemeliharaan perdamaian US$ 6 miliar per tahun.

Secara resmi, AS membayar 27,89% dari anggaran pemeliharaan perdamaian PBB. Tapi, Kongres memutuskan dan Presiden Donald Trump pada 2017 melaksanakan pemotongan menjadi 25% atau berkurang US$ 200 juta.

AS memiliki tahun fiskal yang berjalan mulai Oktober hingga Oktober, yang bisa membuat negeri uak Sam tampak seperti debitur yang bahkan lebih besar pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Halaman
12
Editor: Rahmadhani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved