Berita Kalteng

Kalteng Siap Jadi Super Prioritas Ketahanan Pangan Nasional, Presiden Utus Mentan ke Eks PLG Kalteng

Kalimantan Tengah, akan menjadi salah satu provinsi di Indonesia tempat pencetakan lahan sawah baru.

Istimewa, Kominfo Kalteng
Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, bersama Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, ke Desa Belanti Siam Blok A, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulangpisau, Jumat (15/5/2020) meninjau lokasi optimasi lahan dan tanam padi serta melakukan kegiatan Gerakan Penanaman Padi Serentak di Desa Belanti Siam. 

Editor: Anjar Wulandari
TRIBUNKALTENG.COM, PULANGPISAU - Kalimantan Tengah, akan menjadi salah satu provinsi di Indonesia tempat pencetakan lahan sawah baru. Kawasan ini nantinya menjadi super prioritas untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Jumat (15/5/2020) mengutus Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, datang ke Kalteng langsung menuju Kabupaten Pulangpisau, dan memantau lahan eks proyek lahan gambut (PLG) yang mencakup Kabupaten Kapuas dan Pulangpisau.

Selama melakukan kunjungan kerja di Kalteng, Mantan Gubernur Sulawesi Selatan tersebut di temani Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran yang menyambutnya di VIP Room Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Jumat (15/5/2020) siang.

Empat Kabupaten di Kalteng akan Terima Bantuan Program Bedah Rumah

Diberondong Tembakan oleh Orang Tak Dikenal, Begini Nasib 2 Pemuda di Lampung

Menteri Pertanian RI, menuju Desa Belanti Siam Blok A, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulangpisau, rombongan meninjau lokasi optimasi lahan dan tanam padi serta melakukan kegiatan Gerakan Penanaman Padi Serentak di Desa Belanti Siam.

Gubernur Sugianto menegaskan, Kalteng siap untuk menjalankan program untuk ketahanan Pangan Nasional tersebut.Bahkan, dia berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo, yang memberikan kesempatan Kalteng sebagai salah satu tempat Percetakan Lahan Sawah Baru di Kalimantan. "Saya menyambut baik rencana pengembangan lahan gambut untuk perluasan areal tanaman pangan ini," ujar Sugianto.

Dia menegaskan, Kalteng sangat siap dalam upaya pengembangan dan peningkatan lahan pertanian tersebut, sedangkan mekanismenya akan diserahkan kepada Pusat dengan BRG (Badan Restorasi Gambut) dan Kementerian terkait." Kami juga membahas berbagai teknis dalam penanganan awal mulai SDM, lahan, hingga anggaran oleh Pusat,” jelas Sugianto.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Pertanian RI H. Syahrul Yasin Limpo, dan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran melakukan aksi tanam padi serentak di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulangpisau.

Kalteng selama ini, merupakan salah satu daerah yangvsurplus produksi beras selama 10 tahun terakhir."Tidak hanya produksi padi saja juga produksi jagung dalam kurun waktu 3 tahun terakhir mengalami peningkatan yang sangat pesat.

"Saya berharap dengan dicanangkannya Perluasan Lahan Sawah Baru di Kalteng mampu memenuhi kedaulatan pangan khususnya beras secara regional dan mampu menyumbang peningkatan produksi beras Nasional," ujarnya.

Menteri Pertanian H. Syahrul Yasin Limpo, mengungkapkan, kunjungan kerjanya ke Pulangpisau di Desa Belanti Siam menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo tentang Pembukaan Lahan Sawah Baru.

"Bapak Presiden menyuruh saya kesini untuk memastikan langsung kesiapan Kalteng untuk menjadi super prioritas program ketahanan pangan Nasional," ujarnya. (tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Anjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved