Berita Kapuas

Kebakaran Sabtu Dinihari di Kapuas Hanguskan Sejumlah Rumah

Warga yang rumahnya terbakar pun berupaya menyelamatkan sejumlah barang berharga.

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: Edinayanti
tribunkalteng.com/fadly
Pantauan saat terjadi kebakaran di Jalan Soetoyo dan KP Tendean Kualakapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), Sabtu (9/5/2020) dinihari 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Warga Kota Kualakapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), digegerkan adanya peristiwa kebakaran di kawasan permukiman padat, jelang waktu sahur, Sabtu (9/5/2020) dinihari.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 01.30 WIB, menghanguskan sejumlah rumah warga di Jalan KP Tendean dan Jalan Soetoyo RT 6, Kelurahan Selat Hilir, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, api berkobar besar di lokasi kejadian.

Warga yang rumahnya terbakar pun berupaya menyelamatkan sejumlah barang berharga.

Kapan Sih Mal dan Sekolah Dibuka? Begini Jawaban Pihak Istana Presiden

Tahun Ini Karhutla hingga 31 Maret Seluas 8.254 Hektare, KLHK Siapkan Operasi TMC

Ari (30) warga sekitar yang dijumpai di lokasi kejadian mengatakan api seketika saja membesar di kawasan padat itu.

"Apinya langsung membesar, tidak tahu dari rumah yang mana. Saat saya keluar rumah, sudah merah menyala di sana," kata Ari sambil menunjuk titik lokasi kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran pun langsung berdatangan ke lokasi kebakaran untuk membantu memadamkan api, begitu pula BPBD Kabupaten Kapuas dan petugas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas.

Sebagaimana pantauan, sekitar satu jam api akhirnya api bisa dipadamkan sepenuhnya berkat kerja keras petugas pemadam kebakaran gabungan yang berjibaku memadamkan api.

Selain petugas pemadam kebakaran, terpantau juga di lokasi kejadian, petugas kepolisian dari Polsek Selat, Polres Kapuas pun segera datang setelah mendapat laporan adanya peristiwa kebakaran tersebut.

"Ya, kami langsung mendatangi TKP begitu dapat informasi ada kebakaran di lokasi tersebut. Terdata, ada empat unit rumah yang hangus terbakar," kata Kapolsek Selat, AKP Christian Maruli Tua Siregar SIK.

Identitas pemilik rumah yang terbakar sebagaimana yang terdata oleh Polsek Selat, yakni rumah milik Suyatno (58) di Jalan KP Tendean nomor 70 RT 6 Kelurahan Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas.

Lalu rumah milik Rahmad Hidayat (38) di Jalan Soetoyo Nomor 68 RT 6 Kelurahan Selat Hilir Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas.

Selanjutnya rumah milik Mujiono yang diketahui adalah Camat Mandau Talawang, di Jalan KP Tendean.

Kemudian, rumah milik Johansyah (62) di Jalan Soetoyo Nomor 121 RT 6A Kelurahan Selat Hilir, Kabupaten Kapuas.

Serta sejumlah rumah di sekitarnya yang juga ikut terimbas lantaran nyala api yang cukup besar saat kejadian.

"Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Dugaan sementara akibat korsleting listrik. Luas yang terbakar keseluruhan sekitar 25 × 50 meter. Kerugian material yang dialami para korban diperkirakan mencapai Rp 2,4 Milyar," pungkasnya.

Peristiwa kebakaran di Jalan KP Tendean dan Soetoyo Kapuas dinihari tadi, disiarkan langsung melalui fanspage facebook BPost Online, berikut link nya https://www.facebook.com/bpostonline/videos/244743926874696/

(tribunkalteng.com/Fadly SR)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved