Iduladha 2109

Jelang Iduladha 2019, Kenali Ciri Hewan Stres dan Bikin Daging Kurban Tak Enak, Ini Penjelasannya

Namun sebelum melakukan penyembelihan, ada baiknya panitia kurban melakukan beberapa cara untuk menghindari hewan kurban tidak sampai stres sebelum di

Jelang Iduladha 2019, Kenali Ciri Hewan Stres dan Bikin Daging Kurban Tak Enak, Ini Penjelasannya
Istimewa
Ilustrasi - Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Perkebunan Kalteng melakukan pemotongan hewan kuban pada Iduladha 2018. 

TRIBUNKALTENG.COM - Tak terasa, Iduladha 2019 sebentar lagi tiba. Artinya, di berbagai tempat akan dilakukan penyembelihan hewan kurban sebagai ibadah yang disyariatkan dalam agama Islam.

Namun sebelum melakukan penyembelihan, ada baiknya panitia kurban melakukan beberapa cara untuk menghindari hewan kurban tidak sampai stres sebelum dipotong.

Hal ini bertujuan untuk menghasilkan kualitas daging hewan kurban tetap enak dan tidak cepat membusuk.

“Usahakan suasana jangan dibuat ramai, jika stres hewan bisa kalap dan ngamuk,” kata peneliti produk halal dari Fakultas Peternakan UGM, Hanung Danar Dono saat mengisi pelatihan penyembelihan hewan dan penanganan daging kurban yang higienis, di Fakultas Peternakan UGM, Selasa (30/7/2019).

Acara yang digelar UGM jelang Hari Raya Idul Adha ini diikuti pengurus takmir dan panitia kurban masjid musala se-DIY dan Jawa Tengah.

Syarat Hewan Kurban Idul Adha dan Cara Memotong Hewan Kurban yang Benar, Menurut MUI HSS

Emosi dengan Putusan Sela, Terdakwa yang Oknum Notaris Ini Acungkan Jari Tengah ke Hakim

VIDEO: Bocah Afrika Fasih Berbahasa Indonesia, Garuda Kebanggaanku

Dipisahkan sebelum dipotong

Selain untuk mendapatkan daging yang enak dan empuk, hewan sebaiknya dipisahkan dari rekannya sebelum dipotong dan ia tidak mencium bau amis darah.

“Hewan tidak boleh melihat rekannya dikuliti, tidak boleh melihat genanganan darah. Bau amis darah buat hewan jadi tambah stres,” ujar Hanung seperti dilansir dari laman resmi UGM.

Ia menyampaikan ciri jika hewan mulai stres yaitu mulai menggerakkan ekornya yang menandakan hewan tersebut mulai gelisah. Selain itu, ia juga menyarankan sebelum dipotong hewan tersebut dipuasakan selama kurang lebih 12 jam sehingga proses penyembelihan menjadi lebih mudah.

“Pemuasaan sangat efektif agar hewan kurban tidak agresif,” katanya.

Cara pemotongan hewan

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved