Ingat Delisa yang Kisah Hidupnya Difilmkan? Begini Kabarnya Setelah 14 Tahun Tsunami Aceh

Tapi dengan jumlah orang yang masih dinyatakan hilang, korban seluruhnya di Indonesia dipekirakan mencapai 170.000 orang. Lebih setengah juta orang me

Ingat Delisa yang Kisah Hidupnya Difilmkan? Begini Kabarnya Setelah 14 Tahun Tsunami Aceh
via Sriwijaya Post
Tsunami Aceh 

TRIBUNKALTENG.COM - Sudah 14 tahun berlalu, ketika tsunami menerjang Aceh. Saat itu, Jerman dan Eropa masih tidur lelap dalam suasana Natal.

Aksi solidaritas di seluruh Jerman kemudian berhasil menggalang dana bantuan lebih dari 600 juta Euro.

"Saat Tsunami menggulung Aceh pukul tujuh pagi, orang-orang di Jerman masih terlelap dalam tidurnya dibalut kedamaian menjelang Natal," kata Duta Besar Jerman Georg Witschel seperti dikutip Metrotvnews.com.

Ahli geologi menyebut tsunami 2004 sebagai "gempa monster". Guncangan gempa berlangsung lebih lama dari biasanya. Disusul gunungan ombak yang menerjang pantai dengan kecepatan sangat tinggi.

x
tsunami aceh ()

Gelombang Tsunami Desember 2004 dicatat sebagai bencana alam terparah selama sejarah modern.

Kuburan Massal 45 Korban Tsunami Aceh Ditemukan, 4 Jenazah Teridentifikasi

Hari Ibu, Ustadz Abdul Somad Ingatkan 2 Azab yang Menunggu Anak Durhaka, Simak Videonya!

"Sebuah peristiwa dengan dimensi tak terbayangkan, ditinjau dari aspek jumlah korban, maupun dari aspek geologis", tulis National Science Foundation (NSF), salah satu lembaga ilmiah paling bergengsi di Amerika Serikat.

Tsunami tahun 2004 menewaskan lebih dari 230.000 korban di 14 negara, terutama di Asia Tenggara. Korban tewas berasal dari berbagai negara, termasuk banyak turis dari Eropa yang sedang berlibur di Asia. Sekitar 540 warga Jerman yang dilaporkan tewas.

Tragedi terburuk dialami Indonesia, dengan lebih dari 130.000 orang yang dinyatakan tewas. Tapi dengan jumlah orang yang masih dinyatakan hilang, korban seluruhnya di Indonesia dipekirakan mencapai 170.000 orang. Lebih setengah juta orang menjadi pengungsi.

Tapi disini kita tidak berbicara mengenai bencana tsunami yang meninggalkan luka yang begitu mendalam bangsa Indonesia  . Kita akan berbicara mengenai sosok yang menginspirasi dibalik sebuah film yang diangkat dari kisah nyata tentang seorang anak bernama Delisa yang menjadi saksi hidup bagaimana mengerikannya Tsunami yang melanda Aceh di Tahun 2014 tersebut.

Kisah hidup delisa difilmkan oleh sebuah perusahaan film Starvision , yang dirilis pada 22 Desember 2011 yang disutradarai oleh Sony Gaokasak  dan sering diputar oleh beberapa stasiun Televisi tanah air yang diangkat dari Novel laris karya Tere Liye dengan judul yang sama  dibintangi oleh artis berdarah Austria  Chantiq Schageri sebagai Delisa  bersama Reza rahadian  Abi Usman dan Nirina Zubir sebagai Umi Salamah dan beberapa artis lainnya.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved