Kabar Kapuas

PLTU Pulangpisau Segera Beroperasi Lagi

Pada Selasa (9/10/2018) PLTU Pulangpisau bisa beroperasi normal kembali.

PLTU Pulangpisau Segera Beroperasi Lagi
dok tribunkalteng
ilustrasi-PLTU Asamasam

TRIBUNKALTENG.COM, KAPUAS - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) saat ini tengah berjuang menormalkan kembali jaringan listrik di sebagian wilayah.

Gangguan tersebut terjadi paska-adanya gangguan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) yang menghubungkan Gardu Induk (GI) Selat di Kualakapuas dan GI Sebar di Palangka Raya pada Minggu sore (7/10/2018) akibat sambaran petir.

Hingga Senin (8/10/2018) malam, PLTU Pulang Pisau Unit 1 dan Unit 2 belum dapat dioperasikan sehingga mempengaruhi suplai daya ke pelanggan. Namun, pada Selasa (9/10/2018) PLTU Pulangpisau bisa beroperasi normal kembali.

Baca: Indonesia Turun ke Peringkat 5, Digeser Korea Selatan dan Hong Kong di Asian Para Games 2018

Baca: Khabib Nurmagomedov Ngamuk dan Permalukan McGregor Usai Keluarga Dihina, Lihat Videonya

Baca: Fakta Mengejutkan tentang Air Garam dan Fungsinya bagi Kita

“Sebelumnya kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas adanya gangguan ini,” ujar Plh Manajer Komunikasi PLN Wilayah Kalselteng, Bayu Aswenda, Senin (8/10/2018) malam.

Menurut dia, petugas PLN sudah berupaya guna menormalkan kembali PLTU Pulang Pisau Unit 1 dan Unit 2. Setelah dilakukan pengecekan peralatan guna memastikan parameter operasi dalam keadaan aman, PLTU Pulang Pisau direncanakan baru dapat beroperasi Pada Selasa (9/10/2018).

Baca: Kecewa Nissa Sabyan Tak Muncul di Panggung, Penonton Lempar Botol ke Panggung

Pengoperasian PLTU Unit 1 dan Unit 2, jelas Bayu, memerlukan waktu. Tidak seperti pembangkit listrik tenaga lainnya, untuk PLTU diperlukan waktu terlebih dahulu guna mendinginkan mesin sebelum dioperasikan.

“Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, kami mohon doanya agar pemulihan sistem dapat berjalan lancar. Terima kasih,” pungkas dia. (banjarmasinpost.co.id/sofyar redhani)

Penulis: Sofyar Redhani
Editor: Hari Widodo
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved