Viral Momo Challenge, KPAI Imbau Orangtua Awasi Anaknya

permainan Momo dimulai di Facebook di mana para anggota 'ditantang' untuk berkomunikasi dengan nomor yang tidak diketahui.

Viral Momo Challenge, KPAI Imbau Orangtua Awasi Anaknya
Internet
Ilustrasi Momo Challenge 

TRIBUNKALTENG.COM - Momo Challenge menjadi perhatian Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Dilansir TribunWow.com dari situs resmi KPAI, kpai.go.id, pada Minggu, (5/8/2018), KPAI mengimbau agar para orang tua mengawasi putra-putrinya agar tidak mengikuti tantangan viral yang membahayakan.

“Kami mengimbau semua orangtua agar mendampingi anak saat bermain. Pastikan anak bermain dengan waktu yang tepat, konten yang positif, dan mampu memilih sesuai dengan tahapan perkembangan anak,” kata Ketua KPAI Susanto, Minggu (5/8/2018).

“Orangtua jangan hanya hadir saat anak menghadapi masalah, tapi harus hadir agar tak muncul masalah. Inilah hal prinsip pengasuhan yang positif,” imbuh Susanto.

Baca: Ribuan Pengungsi Gempa di Lombok Butuh Angkutan Laut

Baca: AMSA Zona Kalimantan Agendakan International Youth Conference 2018

Baca: Pasca Gempa, 1.000 Wisatawan Asing dan Domestik Dievakuasi dari Gili Trawangan

Momo adalah nama akun media sosial di WhatsApp, Facebook, dan YouTube.

Kecurigaan bermula oleh polisi atas kematian bocah 12 tahun di Argentina, lantaran ditemukan adanya komunikasi antara si bocah dengan sosok yang disebut Momo dalam WhatsApp.

Dari penelusuran, nomor yang digunakan Momo berasal dari Jepang, Kolombia, dan Meksiko.

Diberitakan TribunWow.com dari thesun.co.uk, menurut Unit Investigasi Kejahatan Komputer di Negara Bagian Meksiko, Tabasco, permainan Momo dimulai di Facebook di mana para anggota 'ditantang' untuk berkomunikasi dengan nomor yang tidak diketahui.

Beberapa pengguna dilaporkan mengatakan bahwa Momo membalas dengan gambar kekerasan dan pemain terancam jika mereka menolak untuk mengikuti "perintah" permainan.

Avatar yang digunakan oleh Momo adalah gambar wanita dengan fitur aneh dan mata menonjol yang diambil dari karya seniman Jepang Midori Hayashi, yang tidak terkait dengan permainan cara apa pun.

Tantangan ini mengingatkan akan game bunuh diri Blue Whale di Rusia yang menewaskan 130 orang.

Mereka yang mengikuti tantangan game akan diperintahkan mengikuti beberapa tantangan dan pada akhir permainan pemain akan ditantang untuk bunuh diri. (TribunWow.com/ Roifah Dzatu Azmah)

Artikel ini telah tayang di Tribunwow.com dengan judul Tantangan Momo Challenge Viral dan Membahayakan, KPAI Imbau Orangtua Awasi Anaknya, http://wow.tribunnews.com/2018/08/06/tantangan-momo-challenge-viral-dan-membahayakan-kpai-imbau-orangtua-awasi-anaknya.
Penulis: Roifah Dzatu Azma
Editor: Fachri Sakti Nugroho

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help