Kabar Kalimantan

Tarakan Bangun Rumah Sakit Bertaraf Internasional

Rumah Sakit Pertamina Tarakan ini dibangun di Jalan Mulawarman dengan luas lahan 997 m2.

Tarakan Bangun Rumah Sakit Bertaraf Internasional
Tribun Kaltim/Junisah
Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie bersama Presiden Direktur PT Pertamedika-IHC, Dany Amrul Ichdan, Rabu (9/5/2018) melakukan peletakan batu pertama.  

TRIBUNKALTENG.COM, TARAKAN - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama Rumah Sakit Pertamedika Tarakan di Kota Tarakan Provinsi Kaltara, Rabu (9/5/2018).  

Rumah Sakit Pertamina Tarakan ini dibangun di Jalan Mulawarman dengan luas lahan 997 m2. Rumah sakit ini akan dibangun enam lantai dengan jumlah tempat tidur sebanyak 100 tempat tidur yang terdiri dari ruangan suite, VIP, kelas 1, kelas 2, dan kelas 3.

Rumah sakit ini dibangun dengan konsep modern minimalis bernuasa ecogreen. Bahkan dilengkapi dengan pelayanan seperti ICU (Intensive care unit), PICU (Pediatric Intensive Care Unit), IGD (Instalsasi Gawat Darurat (IGD), laboratorium, fisoterapi, dan Radiologi.

Menteri Rini M Soemarno mengungkapkan, dengan adanya pembangunan rumah sakit pertamedika di Tarakan, diharapkan masyarakat Kaltara tidak lagi berobat atau memeriksakan kesehatannya ke luar negeri, salah satunya ke rumah sakit Penang yang ada di Malaysia.

Baca: Ini 9 Fakta Seputar Rusuh Rutan Brimob, Sempat Beredar Kabar Jebolnya Tahanan Kasus Terorisme

Baca: Bangun PLTU, Ratusan TKA Asal Tiongkok Bakal Masuk Kota Bontang

Baca: Meringis Kesakitan saat Ujian, Peserta SBMPTN Ini Melahirkan di Toilet

“Saya dapat informasi dari pak gubenur sebagian masyarakat Kaltara ini kalau berobat sampai ke rumah sakit di luar negeri seperti di Penang atau di Jepang. Mendengar ini saya sampai bertanya kok seperti itu. Eh ternyata di Kaltara ini belum ada rumah sakit berkualitas,” ucapnya.

Rini mengatakan, dengan adanya pembangunan rumah sakit Pertamedika yang baru diharapkan ruah sakit ini menjadi rumah sakit bertaraf internasional yang memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Kaltara.

“Yang paling penting dengan keberadaan rumah sakit ini, masyarakat Kaltara tidak lagi berobat ke luar negeri, cukup berobat di rumah sakit di Kaltara ini. Jadi di tahap pertama ini 100 tempat tidur dulu, selanjutnya 300 tempat tidur,” ujarnya.

Dikatakan Rini, rumah sakit ini akan melayani pasien BPJS Kesehatan, sekitar 50 persen. “Maksimal 50 persen pasien BPJS Kesehatan dilayani di rumah sakit ini. Sebab rumah sakit ini investasinya sebesar Rp 250 miliar. Kita harapkan dengan investasi ini rumah sakit ini pelayanan kesehatannya berkualitas,” ujarnya.

Presiden Direktur PT Pertamedika-IHC, Dany Amrul Ichdan membenarkan, bahwa investasi rumah sakit Pertamedika Tarakan sebesar Rp250 miliar. Setelah peletakkan batu pertama, rumah sakit ini langsung dikerjakan dan ditargetkan12 bulan pembangunan rumah sakit ini selesai.

“Begitu pembangunan rumah sakit ini selesai kita langsung operasionalkan dengan memiliki 100 tempat tidur. Setelah itu kita tambah lagi 300 tempat tidur. Kita tentunya akan memberikan pelayanan rumah sakit yang berkualitas, karena ini membawa nama baik negara,” ucapnya.

Saat ditanya kualitas rumah sakit Pertamedika Tarakan yang baru, kata, Dany, kualitasnya tidak kalah dengan rumah sakit yang ada di Penang Malaysia.

“Paling penting itu masyarakat Tarakan mendapatkan pelayanan rumah sakit yang fasilitasnya tidak kalah dengan rumah sakit di Penang,” katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Tahun Depan Tarakan Miliki Rumah Sakit Bertaraf Internasional, http://kaltim.tribunnews.com/2018/05/09/tahun-depan-tarakan-miliki-rumah-sakit-bertaraf-internasional.

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help