Kemenkominfo Berencana Blokir Facebook di Indonesia, Ketua DPR: Bikin Masalah Baru

banyak manfaat Facebook bagi masyarakat, di antaranya pelaku usaha kecil dan menengah yang memasarkan melalui media sosial tersebut.

Kemenkominfo Berencana Blokir Facebook di Indonesia, Ketua DPR: Bikin Masalah Baru
web

TRIBUNKALTENG.COM, JAKARTA - Rencana Kementerian Kominfo memblokir sementara Facebook jika terbukti ada unsur pidana terkait bocornya data pengguna, mendapat tanggapan Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo.

Bambang menyatakan, tak sepakat dengan adanya wacana pemblokiran Facebook terkait kebocoran data pengguna.

Dari puluhan juta data pengguna yang bocor, satu juta di antaranya pengguna di Indonesia.

Menurut Bambang, pemblokiran Facebook bukan solusi dan justru akan menimbulkan masalah baru.

Baca: Skandal Cambridge Analytica, Apakah Data Anda Disalahgunakan?

“Blokir tidak akan bisa menyelesaikan akar masalah yang sesungguhnya. Impact yang ditimbulkan justru semakin buruk. Harus fokus ke win-win solution,” ujar Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Bambang mengatakan, banyak manfaat Facebook bagi masyarakat, di antaranya pelaku usaha kecil dan menengah yang memasarkan melalui media sosial tersebut.

“Di saat negara belum bisa memberikannya, Facebook sejak awal sudah mampu memberikan ‘marketplace’ sederhana untuk rakyat mengembangkan usaha. Mereka tak hanya bertransaksi tapi juga promosi dan membangun reputasi dari sana. Masa semuanya harus gulung tikar karena persoalan kebocoran data,” kata politisi Partai Golkar itu.

Bambang mengatakan, saat ini memang banyak pilihan marketplace di Indonesia dan transaksi juga lebih aman daripada Facebook.

Akan tetapi, dengan populasi pengguna Facebook di Indonesia yang begitu besar, sekitar 130 juta akun atau 6 persen dari user global, UMKM tidak akan pernah bisa meninggalkan Facebook sepenuhnya.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help