Kajian Islam

Sebelum Pergi Tidur Jangan Lupa Berwudhu, Tak Disangka Manfaatnya Luar Biasa

Wudhu juga menjadi cara yang suci sebelum seorang muslim menginjak sajadah dan memakai mukena saat salat atau melakukan ibadah suci

Sebelum Pergi Tidur Jangan Lupa Berwudhu, Tak Disangka Manfaatnya Luar Biasa
Istimewa
Ilustrasi berwudhu 

TRIBUNKALTENG.COM - Wudhu sudah menjadi hal yang sangat dekat dengan umat Muslim dan menjadi salah satu cara untuk bersuci saat akan menunaikan ibadah dalam agama Islam.

Wudhu juga menjadi cara yang suci sebelum seorang muslim menginjak sajadah dan memakai mukena saat salat atau melakukan ibadah suci, dan juga  menjadi salah satu sunnah sebelum tidur serta kegiatan yang lain.

Baca: Mengerikan! Efek Ini Akan Terjadi Jika Manusia Tidak Tidur Satu Hari Saja

Nabi Muhammad SAW ternyata juga melakukan wudhu sebelum tidur dan juga menjadi kebiasaan baik serta membawa pengaruh yang baik juga untuk seseorang yang melakukannya.

Berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai keutamaan wudhu sebelum tidur dalam agama Islam, seperti dilansir dari dalamislam.com .

Bara’ bin Azib RA menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Baca: Dua Bocah Peluk Batu Nisan dan Tidur di Makam Ayahnya, Kisahnya Viral

“Sesungguhnya aku tidak menyukai berdzikir kepada Allah kecuali dalam keadaan suci.” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i dari sahabat Ibnu Umar dan dishahihkan Asy Syaikh Al Albani).

“Apabila seorang dari kalian berwudhu’, lalu ia menyempurnakan wudhu’nya, kemudian ia pergi ke masjid karena semata-mata hanya untuk melakukan salat, maka tidaklah ia melangkahkan kaki kirinya melainkan terhapus kejelekan darinya dan dituliskan kebaikan bersama langkah kaki kanannya hingga masuk masjid.” (HR. Ath Thabrani dalam Al Mu’jam Al Kabir dari sahabat Ibnu Umar dan dishahihkan Asy Syaikh Al Albani dalam Shahih Al Jami’ no. 454)

Didoakan Oleh Malaikat

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help