TribunKalteng/

Kalteng Kita

2 Jurnal IAIN Palangkaraya Terindeks DOAJ Menuju Scopus

Langkah IAIN Palangkaraya menuju Research University dan World Class University, semakin mendekati kenyataan.

2 Jurnal IAIN Palangkaraya Terindeks DOAJ Menuju Scopus
Istimewa
Gedung perkuliahan di IAIN Palangkaraya 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Langkah IAIN Palangkaraya menuju Research University dan World Class University, semakin mendekati kenyataan.

Salah satunya adalah dengan perkembangan jurnal-jurnal online yang dikelola perguruan tinggi Islam terbesar di Kalteng tersebut.

Setidaknya, saat ini sudah ada dua dari tujuh jurnal online yang dikelola LP2M dan masing-masing-masing program studi di IAIN Palangkaraya yang telah terindeks DOAJ di Kalteng. Keduanya adalah JSAM dan JEFL.

Baca: Dari Empat PT, IAIN Palangkaraya Raih Akreditasi Tertinggi

Seperti dikutip dari laman resmi IAIN Palangkaraya, JSAM (Jurnal Studi Agama dan Masyarakat) merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyrakat (LP2M) di perguruan tinggi itu

Disebutkan, Flag Counter yang terpasang pada website JSAM, jurnal ini telah dilihat sebanyak 44.158 kali oleh 16.523 Pengunjung.

c
Jurnal yang ada di beberapa instansi di Kalimantan Tengah dengan mesin pencari (search engine; google, yahoo dll) dengan kata kunci “doaj palangka raya” atau “doaj Kalimantan Tengah”

Selain itu, JEFL (Journal on English as Foreign Language) merupakan jurnal online yang dikelola oleh Prodi Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa, FTIK IAIN Palangkarya.

Baca: Buka Program S3, Mantan Dekan IAIN Palangkaraya Bakal Balik Kandang

Berdasarkan Flag Counter yang terpasang pada website Journal JEFL, jurnal ini telah dilihat sebanyak 56.346 kali oleh 15.530 Pengunjung.

Selain dua jurnal di atas, IAIN Palangkaraya juga memiliki jurnal lain. Yakni el-Mashlahah, Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, Al-Qardh, Al-Ta’rib, Transformatif dan Nalar.

Dikutip dari Wikipedia, Directory of Open Access Journals ( DOAJ ) adalah situs web yang mencantumkan jurnal akses terbuka dan dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA).

Proyek ini mendefinisikan jurnal akses terbuka sebagai jurnal ilmiah dan ilmiah yang memenuhi standar kualitas tinggi dengan menggunakan peer review atau kontrol kualitas editorial dan "menggunakan model pendanaan yang tidak membebankan pembaca atau institusi mereka untuk akses."

Dengan keberhasilan ini, JSAM dan JEFL juga semakin mendekati masuk dalam pangkalan data pustaka di Scopus.

Scopus sendiri menurut Wikipedia, adalah pangkalan data pustaka yang mengandung abstrak dan sitiran artikel jurnal akademik. Scopus mengandung kurang lebih 22.000 judul dari 5.000 penerbit, 20.000 di antaranya merupakan jurnal tertelaah sejawat di bidang sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial (termasuk kesenian dan humaniora).

Pangkalan data ini dimiliki oleh Elsevier dan tersedia secara daring dengan model berlangganan. Pencarian di Scopus juga mencakup pencarian pangkalan data paten. (RIBUNKALTENG.COM/mustain khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help