Sains

Temukan Planet 'Monster', Para Astronom Kaget

Keberadaan gas raksasa tersebut menentang teori bahwa sebuah planet besar tidak dapat terbentuk pada bintang yang sangat kecil.

Temukan Planet 'Monster', Para Astronom Kaget
Mark Garlick
Planet Monster ditemukan oleh para astronom 

TRIBUNKALTENG.COM - Baru-baru ini, dalam laporan Royal Astronomical Society, para astronom menyampaikan bahwa mereka telah menemukan planet "monster" dengan menggunakan Next-Generation Transit Survey (NGTS) yang berbasis di Gurun Atacama, Cile.

Secara teori, planet "monster" ini seharusnya tidak ada, karena ia mengorbit pada bintang kerdil yang samar dan jauh. Bintang ini memiliki radius dan massa sekitar setengah dari matahari.

Hal tersebut mengejutkan para astronom karena ukuran planet tersebut jauh lebih besar daripada bintang induknya. Ukuran planet ini diperkirakan sama dengan Jupiter.

Baca: Jasad Wanita Berusia 2.150 Tahun Ditemukan Masih Segar Dalam Peti Kayu

Keberadaan gas raksasa tersebut menentang teori bahwa sebuah planet besar tidak dapat terbentuk pada bintang yang sangat kecil.

Dalam teorinya, bintang-bintang kecil memang dapat membentuk planet berbatu. "Namun, bintang ini seharusnya tidak bisa mengumpulkan bahan yang cukup untuk membentuk planet berukuran Jupiter," kata Royal Astronomical Society dikutip dari AFP, Selasa (31/10/2017).

Planet diperkirakan terbentuk dari gas dan debu yang tersisa dari ledakan galaksi yang masif, kemudian berputar-putar di cakram sekitar bintang yang baru lahir dan berkumpul bersama untuk membentuk badan.

Royal Astronomical Society memberi nama bintang tersebut NGTS-1 dan planet "monster" itu NGTS-1b. Huruf b menandakan bahwa itu adalah planet pertama yang terbentuk di sekitar bintang kerdil.

Untuk menemukan NGTS-1 dan NGTS-1b, para astronom menggunakan sebuah rangkaian yang terdiri dari 12 teleskop untuk menjelajahi langit dan mengidentifikasi pantulan cahaya yang dipancarkan oleh bintang. Pancaran cahaya tersebut merupakan tanda bahwa sebuah planet bergerak di depan bintang seperti yang dirasakan dari bumi.

Baca: Bagaimana Hidup di Luar Angkasa Tanpa Baju Astronot? Begini yang Akan Terjadi

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help