Kuah Haruan Yang Bikin Gurih

Makanan seperti mi dengan kuah santan campur haruan ini sungguh nikmat disantap.

Kuah Haruan Yang Bikin Gurih
wied99.blogspot.com
laksa
TRIBUNKALTENG.COM -  Makanan seperti mi dengan kuah santan campur haruan ini sungguh nikmat disantap. Rasa gurih kuah bertabur bawang goreng membuat kita ketagihan.

Di Kalimantan Selatan laksa dijual di warung yang khusus menjual makanan tradisional atau di beberapa rumah makan yang menyediakan masakan khas Banjar. Jika ingin menikmati laksa, salah satu tempat yang bisa didatangi adalah Pasar Kertak Hanyar, Jalan A Yani Km7, Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar.

Menurut Syaripah, salah seorang pemilik warung, laksa menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat yang mampir di warung-warung tersebut. Paling ramai adalah Minggu pagi saat masyarakat berolahraga.

“Tidak hanya urang Banjar yang suka laksa, warga pendatang bahkan turis pun suka makan laksa. Kalau sudah mencicipi seporsi, biasanya ingin tambah lagi. Sebagai lauk kadang konsumen ada yang minta ditambahkan telur itik rebus,” jelas Syaripah.

Menurut Yuni, pemilik warung makanan Banjar di Jalan Veteran, Banjarmasin, membuat laksa tidaklah sulit. Bahannya adalah tepung beras yang diolah menjadi adonan. Kemudian adonan dimasukkan ke dalam cetakan seperti cetakan mi.

“Adonan yang dimasukkan ke cetakan tersebut akan keluar seperti mi namun ukurannya lebih besar dan dibentuk melilit menjadi bulatan. Laksa kemudian dikukus dalam dandangan hingga matang,” jelas Syaripah.

Lanjutnya, kelezatan laksa khas Banjar adalah pada kuahnya. Sebelum kuah dimasak, pertama adalah meracik aneka bumbu dapur dan dimasak hingga harum.

“Selanjutnya masukkan santan dan ikan haruan yang sudah dipisahkan dari tulang, masak hingga mendidih. Kemudian angkat ikan haruan dan dagingnya dihancur atau diracik-racik, setelah itu masukkan racikan daging haruan itu kembali ke dalam kuah,” terang Syaripah.

Penulis: Salmah
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help