Berita Palangkaraya

Dua Gadis Jelita di Balik Geliat Barongsai Palangkaraya, Tergerak Ingin Lestarikan Budaya Leluhur

Ada dua sosok gadis di balik geliat Barongsai di Kota Palangkaraya, mereka terpanggil melestarikan budaya Tionghoa yang saat ini jarang digemari lagi

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Ping Ping (kiri) dan Lela saat menunjukan kostum Barongsai yang hendak digunakan saat malam Imlek 2023 di Palangkaraya, Sabtu (21/1/2023). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Ada dua sosok gadis di balik geliat Barongsai di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, mereka terpanggil melestarikan budaya Tionghoa yang saat ini jarang digemari oleh anak muda.

Jeanny akrab disapa Ping Ping (22) dan Lela (21) terlihat sedang memantapkan gerakan tarian barongsai, yang akan disuguhkan pada malam tahun baru masyarakat Tionghoa 2023 di Vihara Avolokitesvera Palangakraya, Sabtu (21/1/2023).

Nampak cerah semangat saat Tribunkalteng.com hendak melakukan wawancara, mereka bergegas mengambil Barongsai berwarna hijau dan kuning yang bakal dipakai dalam pertunjukkan malam ini.

Duduk bersila, memulai menjelaskan awal mula mengapa tertarik kepada tarian barongsai, yang acap kali sering dimainkan para pria, jarang perempuan terlibat dalam tarian tersebut.

“Ya, kalau bukan kita yang keturunan Tionghoa siapa lagi yang melestarikan budaya adat istiadat leluhur. Meski kami membuka lebar kepada yang lain untuk belajar barongsai, karena sakral,” katanya.

Baca juga: NEWS VIDEO, Persiapan Pertunjukan Barongsai Meriahkan Imlek 2023, Para Pemain Serius Berlatih

Baca juga: Jelang Imlek 2023, Muda-Mudi di Vihara Avalokitesvara Palangkaraya Giatkan Latihan Barongsai

Tarian Barongsai susah-susah gampang, para penari diwajibkan menghafal gerakan, menyesuaikan ritme tabuhan tambur dan alat musik lainnya agar seirama, menciptakan gerakan yang memukau para penonton.

Ping Ping yang dari kecil tinggal di Vihara Avolokitesvera Palangkaraya sudah akrab dengan tarian berkostum berkepala singa.

Diceritakannya pengalamannya saat pertama memainkannya dulu, kepala singa terasa berat, perasaan gugup takut salah menyelimuti.

Namun, pengalaman adalah guru yang terbaik, dari sana dia mulai mengenal ketukan ritme, menghafal gerakan, dan terbiasa dengan beratnya kostum kepala singa saat tampil di depan penonton.

“Mainnya tidak sembarang juga. Kita harus hafal iramanya sama gerakannya, misalnya saat gerakan Pai (penghormatan). Harus belajar dulu kan, karena ketukan irama dan gerakan harus selaras,” ujarnya.

Menurutnya, Barongsai perlu diperhatikan dan dikembangkan kembali, agar keragaman budaya yang merupakan identitas masyarakat dapat dilestarikan, dengan dukungan berbagai pihak termasuk pemerintah.

Baca juga: NEWS VIDEO, Bakal Ada Pertunjukan Barongsai Meriahkan Perayaan Imlek 2023 di Palangkaraya

Baca juga: Barongsai Identik Tahun Baru Imlek, Ini Sejarah & Maknanya, Usir Setan Saat Dewa ke Kaisar Langit

Hal senada juga disampaikan oleh Lela, dari bangku SMP dia sudah belajar tarian Barongsai, menurutnya yang paling menantang saat gerakan barongsai seirama dengan ketukan dan musik yang didendangkan.

“Iya sama seperti yang dikatakan sebelumnya oleh Cece Ping Ping,” bebernya.

Setelah pandemi Covid-19 mencengkram beberapa tahun lalu, kini mulai landai. Barongsai kembali akan menunjukan atraksinya yang ditunggu-tunggu masyarakat di Vihara Alokitesvera Palangkaraya pada malam ini 21.00 WIB, setelah persembahyangan.

Muda-mudi tengah asyik berlatih untuk pertunjukan barongsai yang digelar pada perayaan Imlek 2023 di Vihara Avalokitesvara Palangkaraya, Kamis (19/1/2023) malam.
Muda-mudi tengah asyik berlatih untuk pertunjukan barongsai yang digelar pada perayaan Imlek 2023 di Vihara Avalokitesvara Palangkaraya, Kamis (19/1/2023) malam. (Tribunkalteng.com/Devita Maulina)

“9 pemain barongsai akan tampil, terdiri dari 4 pemain utama, 3 pemain musik, sisanya pemain cadangan. Berharap Imlek 2023 ini diberikan rejeki yang lancar dan berkah untuk semuanya,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved