Mata Lokal Memilih

Bahas Rancangan Dapil dan Alokasi Kursi, KPU Kalteng Gelar Uji Publik Undang Parpol dan Tokoh

Uji publik rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi dihadiri para penngurus parpol, tokoh agama maupun tokoh masyarakat juga kalangan pers.

Editor: Fathurahman
tribunkalteng.com / faturahman
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, Kamis (19/1/2023) menggelar uji publik rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kalteng jelang Pemilu 2024, Kamis (19/1/2023). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, Kamis (19/1/2023) menggelar uji publik rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kalteng jelang Pemilu 2024, Kamis (19/1/2023).

Kegiatan uji publik rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi tersebut dihadiri para penngurus parpol, tokoh agama maupun tokoh masyarakat juga kalangan pers.

Ketua KPU Kalteng H Harmain didampingi Komisioner KPU Sastriadi, menjelaskan, terkait kegiatan uji publik tersebut, pihaknya melaksanakan uji publik itu,  setelah adanya Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 80/2022.

“KPU diamanahkan, untuk menyusun alokasi kursi dan daerah peilihan untuk DPRD Provinsi dan Pusat atau DPR-RI,” ujarnya.

Baca juga: Teras Narang dan 7 Lainnya Belum Memenuhi Syarat, KPU Kalteng Berikan Tenggat Waktu Perbaikan

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, 30 Anggota PPK Kobar Resmi Dilantik, KPU Minta Bekerja Secara Profesional

Baca juga: KPU Kalteng Gelar Sosialisasi Disabilitas Pemilu 2024, Ajak Berperan Aktif Dalam Setiap Tahapan

H Harmain mengatakan, sebelumnya hanya DPRD Kabupaten dan Kota saja yang dibahas, namun setelah adanya keputusan MK tersebut, pihaknya diamanahkan untuk memahas Dapil dan Alokasi Kursi DPRD dan DPR-RI tersebut.

“Kami sudah menyusun alokasi kursi tersebut, kemudian berlanjut pada melakukan uji publik atas penyusunan alokasi kursi tersebut,” terangnya.

Dijelaskan Ketua KPU Kalteng H Harmain, uji publik yang dilakukan dalam rangka mendengarkan aspirasi masyarakat, terkait rancangan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD Kalteng dan DPR-RI.

“Hasil rancangan daerah pemilihan dan penyusunan alokasi kursi DPRD Kalteng dan DPR-RI setelah dilakukan uji publik ini,” jelasnya.

komisioner kpukalteng
Ketua KPU Kalteng H Harmain (kanan) didampingi Komisioner KPU Sastriadi, saat menjelaskan, terkait kegiatan uji publik yang dilaksanakan untuk menjalankan amanah Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 80/2022. Tribunkalteng.com / faturahman

Sementara itu, Sastriadi Komisioner KPU Kalteng Divisi Teknis dan Penyelenggara KPU Kalteng, menjelaskan, rancangan daerah pemilihan dan penyusunan alokasi kursi tersebut mengacu pada rancangan tahun 2019.

Terkait adanya, usulan pemecahan Dapil IV menjadi dua maksudnya nantinya ada dua Dapil IV dan V di DAS Barito Kalteng, yang diusulkan oleh parpol yang hadir.

“Usulan itu tetap diakomudir, dan akan dikonsultasikan ke KPU RI, sedangkan finalnya akan diputuskan KPU-RI setelah berkonsultasi dengan DPR,” ujarnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved