KPU Kalteng

29 Desember 2022 Batas Akhir Penyerahan Dokumen Dukungan Bacalon Anggota DPD Kalteng

KPU Kalteng saat inipun, tengah melakukan sosialisasi terkait tahapan penyerahan dokumen bagi bacalon anggota DPD mulai 16 hingga 29 Desember 2022

Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/ faturahman
Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Berdasarkan jadwal yang telah disusun Komisi Pemilihan Umum (KPU), sejumlah tahapan mulai dilakukan oleh KPU di wilayah masing-masing, termasuk di Kalimantan Tengah (Kalteng).

KPU Kalteng saat inipun, tengah melakukan sosialisasi terkait tahapan penyerahan dokumen bagi bakal calon (bacalon) anggota DPD.

Dari jadwal tersebut penyerahan dimulai tanggal 16 hingga 29 Desember 2022 ini.

Dengan syarat minimal dukungan pemilih adalah 2.000 pemilih, dan tersebar di minimal 7 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

Sebelum menyerahkan dokumen dukungan, bacalon terlebih dahulu melakukan input data dukungan ke sistem informasi pencalonan atau SILON.

“Nantinya bacalon menunjuk 2 orang operator SILON untuk melakukan input data,” ucap Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim dalam siaran persnya, Kamis (22/12/2022).

Nantinya, ungkap mantan Komisioner KPU Kota Palangkaraya tersebut, Tim Helpdesk KPU Kalteng akan melayani bacalon yang ingin berkonsultasi.

Serta berkoordinasi dan juga akan melakukan bimbingan teknis dalam mengoperasikan SILON.

“Menghimbau kepada seluruh bacalon untuk segera berkoordinasi dang Helpdesk KPU Kalteng,” jelasnya.

Sebelumnyapun, sesuai tahapan, KPU Kalteng pun sudah melakukan tahapan verfikasi partai politik (parpol) seluruh Kalteng.

Di mana ada 18 parpol calon peserta Pemilu 2024 yang di verifikasi oleh KPU kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

KPU Kalteng saat menggelar media gathering di Resto Tjilik Riwut, Palangkaraya, Senin (28/11/2022) lalu.
KPU Kalteng saat menggelar media gathering di Resto Tjilik Riwut, Palangkaraya, Senin (28/11/2022) lalu. (Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto)

Diantaranya 9 Partai politik Parlemen atau Partai Politik yang memenuhi ambang batas, perolehan suara paling sedikit 4 persen dari perolehan suara sah.

Secara nasional hasil Pemilu 2019 dan 9 parpol non parlemen atau partai baru.

9 parpol parlemen yang diverifikasi administrasi dinyatakan memenuhi syarat, dan 9 parpol non parlemen yang diverifikasi administrasi, dan faktual dinyatakan memenuhi syarat;

Pelaksanaan tahapan verifikasi administrasi dan faktual parpol calon peserta Pemilu 2024, dilaksanakan secara terbuka dan diawasi secara melekat oleh Bawaslu kabupten/kota.

 Serta berjalan aman lancar sesuai ketentun yang telah diatur dalam Peraturan KPU.

4. Penetapan parpol peserta Pemilu 2024 telah ditetapkan oleh KPU RI pada 14 Desember 2022 lalu. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved