Kobar Marunting Batu Aji

TKDD Kobar Tahun 2023, Pj Bupati Anang Dirjo Berharap Alokasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Tranfer ke Daerah dan Dana Desa  atau TKDD Kobar Tahun 2023 diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Penulis: Danang Ristiantoro | Editor: Fathurahman
Prokom Kobar untuk Tribunkalteng.com
Pj Bupati Kobar Anang Dirjo tanda tangani DIPA Tahun 2023. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kobar, pada Selasa (13/12/2022). Tranfer ke Daerah dan Dana Desa  atau TKDD Kobar Tahun 2023 diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. 

TRIBUNKALTENG.COM, PANGKALAN BUN - Tranfer ke Daerah dan Dana Desa  atau TKDD Kobar Tahun 2023 diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) bersama KPPN Pangkalan Bun, melaksanakan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2023 untuk satuan kerja vertikal. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kobar, pada Selasa (13/12/2022) tersebut dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Kobar Anang Dirjo.

Kegiatan ini menjadi tanda dimulainya pelaksanaan APBN Tahun 2023. 

Belanja Negara dalam postur APBN tahun 2023 sebesar Rp 3.061,2 triliun, yang dialokasikan melalui Belanja Pemerintah Pusat sebesar Rp 2.246,5 Triliun serta transfer ke daerah dan Dana Desa sebesar Rp 814,7 Triliun.

Baca juga: Pangkalan Bun Dipercantik, Pj Bupati Kobar Anang Dirjo Minta Dinas PUPR Lakukan Peremajaan Kota

Baca juga: Pj Bupati Kobar Harapkan RSSI Pangkalan Bun Pertahankan Akreditasi Pelayanan Prima Bintang 5

Baca juga: Berikan Pelayanan Prima Bagi Masyarakat, Pj Bupati Kobar Minta OPD Respon Keluhan Masyarakat

Baca juga: Launching Koleksi Buku Baru di Perpusda, Pj Bupati Kobar Ajak Masyarakat Tingkatkan Minat Baca

Sementara itu lebih spesifik lagi total alokasi Tranfer ke Daerah dan Dana Desa  atau TKDD Kobar Tahun 2023 sebesar Rp 1,09 triliun, terdiri dari DBH sebesar Rp 155,3 Miliar, DAU Rp 616,4 Miliar, DAK Fisik Rp 107,2 Miliar, DAK Non Fisik Rp 133,8 Miliar, Insentif Fiskal sebesar Rp 11,2 Miliar dan Dana Desa sebesar Rp 73,2 Miliar. 

Pj Bupati Kobar Anang Dirjo berharap dari alokasi TKDD Kobar TA 2023 yang telah ditetapkan, dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan di Kobar, sejalan dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi nasional di tahun 2023.

"Dengan diserahakan DIPA dan TKD Tahun Anggaran 2023, saya berharap semua satker kementerian/lembaga dan instansi terkait, segera menyusun rencana kerja dan melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa sesuai dengan ketentuan, agar pelaksanaan program segera dimulai," tutur Anang Dirjo.

Dengan demikian, dapat mendorong pemulihan ekonomi daerah dan dirasakan manfaatnya poeh masyarakat Kobar.

Sebagai penutup rangkaian penyerahan DIPA Tahun 2023 yang telah berlangsung di 3 kabupaten wilayah kerja KPPN Pangkalan Bun (Lamandau, Sukamara, dan Kotawaringin Barat), KPPN Pangkalan Bun mengadakan evaluasi kegiatan penyerahan DIPA yang dipimpin langsung oleh Kepala KPPN Pangkalan Bun Indra Karunia Dewanti. 

"Diharapkan penyelenggaraan penyerahan DIPA tahun 2024 nanti dapat berlangsung lebih baik lagi," tuturnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved