Berita Kaltara

Masuk Indonesia Melalui Dermaga Aji Putri Nunukan Tanpa Paspor, 2 WNA Malaysia Diamankan Polisi

Dua WNA asal Malaysia nekat masuk wilayah Indonesia, melalui dermaga tradisional Aji Putri, Nunukan, Kaltara, karena tak memiliki

Editor: Sri Mariati
TRIBUNKALTARA.COM/ Febrianus Felis
Situasi lokasi dermaga tradisional Aji Putri, Kelurahan Nunukan Timur, tempat dua WNA asal Malaysia diamankan oleh Polres Nunukan, Kaltara, Jumat (9/12/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, NUNUKAN – Dua warga negara asing (WNA) asal Malaysia nekat masuk wilayah Indonesia, melalui Dermaga Aji Putri, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) diamankan anggota Polres Nunukan.

Kedua WNA itu bernama Kamal Bin Kamaruddin (27), beralamat di Lot 393, Kampung Tinusa 2, Batu 7 Jalan Kem Tentera, 90000 Sandakan, Sabah-Malaysia.

WNA berikutnya Mohammad Nabil Shah Bin Pudin (27), beralamat di Kampung Tinusa 2 Batu 7, Jalan Airport, 90000 Sandakan, Sabah-Malaysia.

Kepala Imigrasi Kelas II TPI Nunukan, Washington Saut Dompak mengatakan, kedua WNA tersebut diamankan oleh polisi Polres Nunukan, lantaran memasuki wilayah Indonesia tanpa dokumen paspor.

"Kedua pria itu saat diamankan polisi, hanya membawa IC Malaysia. Keduanya berangkat secara ilegal masuk ke wilayah Indonesia," kata Washington Saut Dompak, Jumat (09/12/2022).

Baca juga: Seorang Kakek WNA Ilegal Terjaring Imigrasi Nunukan, Tak Ada Paspor Cuma Tunjukan IC Malaysia

Baca juga: 7 WNA Malaysia Tanpa Paspor Masuk Indonesia Diamankan Imigrasi Nunukan, Modus Mancing di Sebatik

Dari pengakuan Mohammad Nabil Shah Bin Pudin, mereka berangkat dari Sandakan pada Selasa (06/12) bersama keluarga lainnya.

Sekira pukul 15.00 waktu Malaysia mereka tiba di Tawau.

"Mohammad Nabil dari Sandakan bersama mertuanya Saha binti Tahir. Lalu istrinya Rohani, dan 4 orang anaknya. Termasuk Kamal dan istrinya Erni binti Amir," ucap Washington Saut Dompak.

Keesokan paginya, satu keluarga asal Malaysia itu berangkat ke Indonesia melalui rute perjalanan yang berbeda.

"Jadi Kamal dan Mohammad Nabil berangkat secara ilegal melalui dermaga Somel di Sebatik-Indonesia. Sedangkan mertua, istri, anak serta istri dari KAMAL secara resmi dari Pelabuhan Tawau ke Pelabuhan Tunon Taka Nunukan," ujar Washington Saut Dompak.

Lanjut Washington,"Jadi kedua WNA itu dari dermaga Somel di Sebatik-Indonesia lalu lanjut ke dermaga Bambangan dan bertolak ke Dermaga Aji Putri," tambahnya.

Sekira pukul 09.15 Wita, kedua WNA asal Malaysia itu tiba di Dermaga Aji Putri.

Baca juga: Penganiayaan 2 WNA Tiongkok di Loa Janan Kukar, 1 Korban Meninggal, Cekcok Gegara Lubang Tambang

Baca juga: WNA Asal Korea Tewas Diduga Nekat Lompat dari Kamar Apartemen Lantai 23 di Balikpapan

"Petugas dari Polsek Kawasan Pelabuhan yang amankan mereka dan sudah diserahkan kepada kami. Saat ini kami amankan di ruang detensi Imigrasi," tuturnya.

Menurut Washington Saut Dompak, dua WNA asal Malaysia itu bersama keluarga rencana akan berangkat ke Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

"Di sana ada keluarga dari mertuanya yang merupakan keturunan Bugis Indonesia," ungkapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Tak Ada Paspor, Dua WNA Malaysia di Dermaga Tradisional Aji Putri Diamankan Polres Nunukan.

 

Sumber: Tribun kaltara
  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved