Berita Kaltim

Berbekal Bawa Badik Saat Mencuri Barang Kapal di Samarinda, Seorang Pria Berhasil Diciduk Polisi

Unit Reskrim dari Polsek Kawasan Pelabuhan (KP3) Samarinda berhasil menciduk pelaku Latakko (39) yang membawa senjata tajam (sajam) jenis badik

Editor: Sri Mariati
ILUSTRASI
ILUSTRASI. Seorang pencuri barang kapal di Samarinda, Kaltim ditangkap polisi. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMARINDA – Kerap kali melakukan pencurian barang kapal di Samarinda, dan membuat meresahkan para pekerja pelabuhan dan kru kapal.

Unit Reskrim dari Polsek Kawasan Pelabuhan (KP) Samarinda berhasil menciduk pelaku Latakko (39) yang membawa senjata tajam (sajam) jenis badik.

Dalam berbagai kesempatan pelaku ini diduga kerap mengambil barang-barang berharga di atas kapal yang tengah bersandar di pelabuhan.

Kapolresta Samarinda Kombes Pol Ary Fadli menjelaskan, tertangkapnya pelaku berkat laporan warga Samarinda Seberang, yang sering melihat pria tersebut membawa dan menjual barang-barang yang diduga dicuri dari kapal.

"Pelaku sering terlihat menjual barang-barang kapal di wilayah Samarinda Seberang. Warga masyarakat yang curiga lantas melapor ke Polsek Kawasan Pelabuhan," jelas Kombes Pol Ary Fadli.

Baca juga: Aksi Kali Kedua Pencurian Besi di Kubu Raya Kepergok, Dua Tersangka Langsung Diamankan Petugas

Baca juga: Pencurian Modus Gadai Pakai Mobil Ditelisik, Polisi Periksa Tujuh Terduga Pelaku di Banjarbaru

Berbekal dari laporan tersebut polisi akhirnya melakukan penyelidikan.

Akhirnya pada Selasa (22/11/2022) lalu, petugas melihat pelaku sesuai ciri-ciri yang ada melintas pada pukul 21.30 WITA.

Kemudian polisi melakukan pemeriksaan badan dan mendapati sebilah badik sepanjang 29 centimeter yang diselipkan pelaku di pinggang sebelah kiri.

"Pengakuannya badik tersebut memang selalu dibawa untuk berjaga-jaga," jelas Kapolresta.

Baca juga: Bobol Dua Sekolah dan Gasak Barang Inventaris, Dua Tersangka Pencurian di Kalbar Dibekuk

Baca juga: Kejari PPU Kaltim Kembalikan Barang Bukti Pidana Pencurian ke Korban Setelah Putusan Pengadilan

Atas kepemilikan sajam tanpa izin tersebut, Latakko langsung digiring ke Polsek KP3 dan terjerat Pasal 2 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1951 tentang tanpa hak membawa, menyimpan dan menguasai senjata penikam atau penusuk.

"Ancaman 10 tahun penjara," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Kerap Jual Barang Curian dari Kapal di Samarinda Seberang, Seorang Pria Dibekuk Polisi,

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved