Berita Palangkaraya

Desain Rencana Pembangunan Rumah Sakit Tipe A Kalteng Diserahkan Ke Kemenkes

Pemerintah Provinsi Kalteng menyerahkan desain rumah sakit Tipe A Kalteng kepada kementerian kesehatan merupakan satu terobosan dalam pembanguannya.

Editor: Fathurahman
tribunkalteng.com/Fathurahman
Kadiskes Kalteng, Suyuti Samsul saat menjelaskan terkait rencana pembangunan rumah sakit Tipe A di kalteng. Pemerintah Provinsi Kalteng melalui dinas kesehatan setempat menyerahkan desain rumah sakit Tipe A Kalteng kepada kementerian kesehatan. Penyerahan terebut merupakan satu terobosan dalam pembangunanya setelah rencana pembangunan melalui pola Kerjasama pemerintah dengan badan usaha atau KPBU belum memungkinkan dilakukan saat ini. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA- Pemerintah Provinsi Kalteng menyerahkan desain rumah sakit Tipe A Kalteng kepada kementerian kesehatan merupakan satu terobosan dalam pembangunanya.

Dinas Kesehatan setempat sebagai instansi yang berwenang melakukan terobosan dalam merealisasikan pembangunan Rumah Sakit Tipe A tersebut.

Rencana pembangunan Rumah Sakit Tipe A tersebut sudah digaungkan sejak jauh hari sebelum Covid-19 melanda.

Bahkan, awal target pembangunan tahun 2019 belum bisa terlaksana hingga sampai sekarang.

Rencana awal pembangunan rumah sakit tersebut berada di Jalan Tjilik Riwut arah Palangkaraya- Kasongan Kabupaten Katingan.

Baca juga: Pemprov Kalteng Gandeng Jaksa Pengacara Negara Selamatkan Lahan Pembangunan RS Tipe A

Baca juga: Warga Kampung Ponton Palangkaraya, Berharap Kampungnya Bersih Dari Peredaran Narkoba

Baca juga: Pria Asal Banten Hilang di Perairan Taboneo Tala, Usai Melompat Dari KM Niki Sejahtera Dari Surabaya

Baca juga: Sebelas Kali Berhasil Curi Sarang Burung Walet, Pria Penajam Paser Utara Kaltim Akhirnya Dibekuk

Informasi terhimpun bahkan penyelenggara sudah ingin melakukan pelelangan rumah sakit tersebut, namun tertunda.

Karena dikhawatirkan dana untuk pembangunanya  terkendala, karena masih masa pandemi akhirnya desain rencana pembangunan diserahkan ke Kemenkes.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, saat di tanya seputar rencana pembangunan rumah sakit tersebut, Sabtu, akhir pekan tadi, membenarkan, desain rumah sakit tersebut memang sudah diserahkan ke kemenkes.

Dia menjelaskan, Pihak Pemprov Kalteng sudah menyurati Bappenas terkait rencana pembangunan RS Tipe A tersebut, namun rencana pembangunaanya menunggu hingga situasi ekonomi memungkinkan.

Dijelaskan, pendekatan dalam pembangunan RS Tipe A Kalteng  tersebut bisnis to bisnis yang menggunakan pola Kerjasama pemerintah dengan badan usaha atau KPBU yang menngandalkan dana dari  investor.

“Jika dilakukan lelang, itupun bukan lelang pembangunan tetapi lelang untuk badan usaha, dalam kondisi seperti sekarang belum tentu ada yang mau mengerjakannya,” ujarnya.

Sebab itu lanjut dia, pihaknya menyerahkan desain rencana  pembangunan rumah sakit tipe A tersebut kepada kemenkes.

“Dengan harapan siapa tau pihak Kemenkes berminat untuk membangun RS umum pusat di Kalteng, karena hingga saat ini rumah sakit umum pusat belum ada di regional Kalimantan,” ujarnya.

Selama ini sebut dia untuk rumah sakit tersebut adanya di Sulawesi dua unit, Nusa Tenggara ada satu sedangkan NTT ada satu, Sumatera ada tiga hanya di Pulau Kalimantan saja yang belum ada.

Baca juga: Bangkitkan Perekonomian, Plt Sekda Kobar Ingin Rute Penerbangan Regional Kalimantan Dibuka

Baca juga: Kerusakan Jalan Dikeluhkan Warga Kalteng, Ruas Jalan Pangkalan Bun-Kolam Tuntas Tahun 2023

“Kami berharap dengan adanya desain pembangunan rumah sakit Tipe A yang telah disodorkan ke pusat tersebut dapat menggugah pemerintah pusat untuk  membangun RS vertikal di Kalteng,’ harapnya.

Suyuti menjelaskan, nantinya jika ternyata Kemenkes tidak mau juga membangun RS tersebut di kalteng, tentunya kita tetap akan mengajukan pembanguanannya melalui pola KPBU yang telah direncanakan sejak awal. (*)

 

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Tribun Shopping

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved