Dinkes Kobar

Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat Gelar Sosialisasi dan Workshop Dashboard Stimunsa

Pemkab Kobar melalui Dinkes setempat menggelar Sosialisasi dan Workshop Dashboard Stimunsa, demi tercapainya IDL bagi setiap bayi di Kobar

Editor: Sri Mariati
Dinkes Kobar untuk Tribunkalteng.com
Kadinkes Kobar Achmad Rois saat menyampaikan arahan dalam kegiatan Sosialisasi dan Workshop Dashboard Stimunsa, Sabtu (26/11/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, PANGKALAN BUN - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Dinas Kesehatan, saat ini sedang berusaha mewujudkan cakupan yang tinggi, terhadap imunisasi dasar lengkap (IDL) bagi setiap bayi.

Salah satu upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat (Dinkes Kobar) untuk mewujudkan program tersebut adalah menggelar Sosialisasi dan Workshop Dashboard Stimunsa (Status Imunisasi Dasar Lengkap Desa), Sabtu (26/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Dinkes Kobar ini dibuka langsung Kepala Dinas, Achmad Rois, diikuti seluruh perwakilan dari Puskesmas se-Kobar, pengelola imunisasi dan penanggung jawab UKM.

Achmad Rois mengatakan IDL ini menjadi salah satu upaya untuk melindungi bayi dari infeksi dan ancaman KLB atau wabah penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

"Kesuksesan IDL ini menjadi tanggung jawab kita bersama, sehingga harus kita pantau, Kemudian dievaluasi pelaksanaannya. Kita yakinkan bahwa setiap anak di Kobar harus mendapatkan imunisasi dasar lengkap," ujarnya.

Kepala Dinkes Kobar Achmad Rois bersama peserta Sosialisasi dan Workshop Dashboard Stimunsa, Sabtu (26/11/2022).
Kepala Dinkes Kobar Achmad Rois bersama peserta Sosialisasi dan Workshop Dashboard Stimunsa, Sabtu (26/11/2022). (Dinkes Kobar untuk Tribunkalteng.com)

Ditegaskan Achmad Rois, terwujudnya Kotawaringin Barat dengan cakupan imunisasi dasar lengkap (IDL) yang setinggi-tingginya, ini menjadi amanah dan tanggung jawab bersama.

"Kita sedang mengupayakan satu tatanan yang bisa dimanfaatkan oleh semua pihak, untuk mewujudkan cakupan IDL yang tinggi di Kobar," katanya.

Adapun upaya yang dimaksud adalah berusaha membuat tools manajerial yang bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk mengontrol serta memantau dan mengevaluasi status imunisasi dasar lengkap di kelurahan dan desa serta membuat kebijakan daerah. 

"Program inilah yang sedang kita. Ada satu tools kita namai dengan Dashboard Stimunsa yang juga sudah mendapat dukungan dari pemerintah Dderah," ungkapnya.

Achmad Rois menambahkan, Pj Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo juga sudah menetapkan melalui surat keputusan.

Secara garis besar surat itu menginstruksikan semua pihak yang terkait cakupan imunisasi dasar lengkap, agar  memanfaatkan Dashboard Stimunsa ini.

"Dengan dukungan bersama, maka apa yang kita ingin wujudkan yaitu setiap bayi di Kotawaringin Barat bisa memperoleh imunisasi dasar lengkap dapat tercapai.  Sehingga Kotawaringin Barat bisa mewujudkan herd immunity terhadap penyakit-penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi," pungkasnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved