Mata Lokal Memilih Palangkaraya

KPU Kota Palangkaraya Jaring Masukan Masyarakat Selama 14 Hari, Alokasi Kursi DPRD Pemilu 2024

KPU Kota Palangkaraya tengah menjaring masukan dan tanggapan masyarakat, mengenai rancangan alokasi kursi DPRD pemilu 2024 selama 14 hari ke depan

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Screenshoot Fb Tribunkalteng.com
layar Ketua KPU Palangkaraya, Ngismatul Choiriyah saat menghadiri Podcast Ruang Tamu Tribunkalteng.com, series Mata Lokal Memilih beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - KPU Kota Palangkaraya tengah menjaring masukan dan tanggapan masyarakat, mengenai rancangan alokasi kursi DPRD Pemilu 2024 selama 14 hari ke depan.

Ketua KPU Kota Palangkaraya, Ngismatul Choiriyah menyampaikan, masukan dan tanggapan masyarakat tersebut dapat dilakukan secara tertulis melalui format yang disediakan atau melalui website resmi.

"Masukan dan tanggapan masyarakat ini berlangsung mulai 23 November sampai 6 Desember 2022. Disampaikan secara tertulis sesuai dengan format yang disiapkan KPU," katanya, Kamis (24/11/2022).

Untuk format masukan dan tanggapan dari masyarakat dapat diperoleh di Kantor KPU Kota Palangkaraya atau dapat diunduh pada laman helpdesk.kpu.go.ig/tanggapan.

Ada dua jenis, perorangan atau lembaga, badan, organisasi, partai politik dan kelompok masyarakat.

Baca juga: Hadapi Pemilu 2024, Pj Bupati Anang Dirjo Minta Dukungan FKUB Kobar Ciptakan Situasi Kondusif

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, KPU Kotim Sosialisasi Rekrutmen Badan Ad Hoc dan Aplikasi SIAKBA

Penyampaian dilengkapi dengan identitas diri berupa fotokopi kartu tanda penduduk elektronik bagi masyarakat perseorangan.

Kemudian untuk lembaga, badan, organisasi, partai politik dan kelompok masyarakat dilengkapi surat pengantar resmi.

"Penyampaian dokumen masukan dan tanggapan masyarakat dapat disampaikan langsung di kantor KPU Kota Palangka Raya atau disampaikan melalui helpdesk.kpu.go.id/tanggapan," jelasnya.

"Usai tahapan itu, seluruh masukan dan tanggapan dari berbagai pihak akan disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Kalimantan Tengah," lanjutnya.

Baca juga: Cegah Badan Ad Hoc Meninggal Saat Penyelenggaraan Pemilu 2024, Perekrutan Petugas Diperketat

Baca juga: Kantor KPU Kota Palangkaraya Dipasang Kawat Besi Maksimalkan Pengamanan

Saat ini rencana dan hasil pemetaan Dapil dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Palangkaraya dalam Pemilu 2024 menyatakan terdapat tiga daerah pemilihan.

Kota Palangkaraya yang terdapat 296.067 jumlah penduduk direncanakan total 30 kursi dewan.

Tiga dapil tersebut terdiri dari Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Rakumpit dan sebagian wilayah Kecamatan Jekan Raya. Dapil ini memperebutkan 8 kursi dewan.

Dapil selanjutnya, sebagian wilayah Kecamatan Jekan Raya dan merebutkan 10 kursi dewan, Dapil terakhir Terakhir terdiri dari Kecamatan Pahandut dan Kecamatan Sabangau dan memperebutkan 12 kursi dewan. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved