Berita Kaltim

Tugboat Bahar 79 Karam di Sungai Mahakam, Sejumlah ABK Terjebak, Tim SAR Terus Evakuasi Korban

Evakuasi korban terjebak dalam Tugboat Bahar 79 yang tenggelam di perairan Sungai Mahakam, Kaltim, terus dilakukan tim SAR gabungan

Editor: Sri Mariati
TRIBUNKALTIM.CO/HO Satpolairud Polres Kutai Barat.
Terbalik, kapal tugboat terbalik dan tenggelam di perairan Sungai Mahakam tepatnya di area JT. PT Kruing Kampung Karang Rejo, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur sejak Minggu kemarin (20/11/2022). 

TRIBUNKALTENG.COM, SENDAWAR – Evakuasi korban terjebak dalam Tugboat Bahar 79 yang tenggelam di perairan Sungai Mahakam, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur pada Minggu (20/11/2022) terus dilakukan evakuasi oleh tim gabungan.

Kepala Seksi Penanganan Bencana BPBD Kutai Barat, Saldes Limbong mengatakan, korban yang terjebak di dalam tugboat tersebut berjumlah dua orang dan baru satu orang yang berhasil ditemukan.

Nakhoda tersebut diketahui bernama Noldi. Dia dievakuasi oleh petugas dalam kondisi sudah meninggal dunia setelah terjebak

“Baru satu orang dievakuasi dalam keadaan meninggal. Sisa satu orang, masih dilanjutkan upaya pencariannya,”ujarnya, Selasa (22/11/2022).

Seldas menyebutkan setelah berhasil dievakuasi, jenazah Noldi langsung dibawa menuju RSUD Harapan Insan Sendwar untuk dilakukan kremasi. "Jenazah korban sudah di bawa ke RSUD HIS,” sebutnya.

Baca juga: Kepala KSOP Kelas III Sampit Sebut Faktor Cuaca Ekstrem Kapal Tenggelam di Perairan Teluk Sampit

Baca juga: Basarnas Balikpapan Evakuasi Lagi Korban Kapal Tenggelam Terjebak di Dek

Sementara itu, korban lain yang belum ditemukan diketahui bernama Ferdi yang merupakan kapten kapal.

Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman mengatakan Tugboat Bahar 79 yang diketahui mengangkut kernel kelapa sawit itu diduga tenggelam akibat mengalami lambung bocor.

"Ada beberapa orang dalam kapal yang berhasil menyelamatkan diri tetapi ada dua orang yaitu kapten kapal dan mekanik yang masih terperangkap dalam kapal," kata Kapolres.

Proses evakuasi sempat mengalami kesulitan lantaran hampir seluruh lambung kapal sudah kemasukan air dan kondisi bibir yang berlumpur juga menambah beban kesulitan tim evakuasi di lapangan.

Sehingga kata Kapolres satu-satunya cara yang akan dilakukan untuk menyelamatkan korban harus melubangi lambung kapal.

"Jadi kita upayakan langkah yang efektif dengan cara melubangi bagian kanan kapal," tegasnya.

Terjebak dalam Kapal

Berita sebelumnya, proses evakuasi terhadap kapal jenis Tugboat Bahar 79 yang tenggelam di perairan Sungai Mahakam pada Minggu malam (20/11/2022) masih terus berlangsung.

Diketahui tugboat bahar 79 itu tenggelam di area JT. PT Kruing Kampung Karang Rejo, Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur sekitar pukul 21.22 WITA dan baru diketahui pada minggu pagi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved