Berita Kalbar

Warga Desa Gua Bengkayang Kalbar Khawatir Buaya Muara 3 Meter Muncul, Tak Berani ke Sungai

Kemunculan buaya muara panjang 3 meter muncul di Sungai Tanggi di Desa Dusun Duginang Desa Gua, Bengkayang, Kalbar, warga tak berani ke sungai Tanggi

Editor: Sri Mariati
Mashable via Tribunnews
Ilustrasi buaya yang sedang mencari mangsa. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMBAS – Kemunculan Buaya Muara panjang 3 meter muncul di Sungai Tanggi di Dusun Duginang Desa Gua, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar), Senin (31/10/2022).

Wargapun khawatir hingga tidak berani mencari ikan di perairan sungai. Padahal Sungai tersebut tempat warga mencari ikan.

Baca juga: Insiden Buaya Terkam Warga di Sungai Kusambi, Spanduk Imbauan Waspada Serangan Buaya Dipasang

Baca juga: Kejadian Berulang, Warga Desa Paduran Pulpis Ahmadi Diterkam Beberapa Buaya Sebangau saat Dalam Air

"Sudah terhitung dua bulan belakangan ini warga tidak ada yang berani mencari ikan di sungai, sejak kemunculan Buaya Muara. Di sungai itu warga biasanya memasang pukat dan menyelam untuk cari ikan," kata Ketua RT 03 RW 01 Dusun Duginang Hendry, Senin (31/10/2022) pagi.

Hendry menjelaskan, sejak kemunculan buaya warga takut untuk mencari ikan, dan sudah melaporkan ke aparat desa terkait hal tersebut.

"Selama kemunculan buaya warga tak berani ke sungai dua bulan lebih. Kami sudah melaporkan ke aparat desa. Kami minta segera menangkap dibawa ke penangkaran, kami tak mau ada kejadian korban," katanya.

Baca juga: Seorang Warga Sangatta Kutai Timur Nyaris Tewas Jadi Santapan Buaya, Disambar Hendak Memancing

Baca juga: Evakuasi Buaya Sepanjang 2 Meter di Sampit, Personel SKW II BKSDA Kalteng Sempat Alami Kesulitan

Dia mengatakan, warga meminta pihak berwenang segera menangkap buaya tersebut sebelum jatuh korban jiwa. Sebab kemunculan buaya tersebut hampir setiap hari dilihat warga.

"Walaupun, menurut beberapa warga buaya ya itu agak jinak atau tidak terlalu agresif. Warna kulitnya kekuningan, panjang sekira tiga meter lebih," tuturnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Buaya Muara 3 Meter Muncul Lagi di Desa Gua Bengkayang, Warga Minta Buaya Ditangkap, .

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved