Berita Palangkaraya

Tekan Inflasi Kalteng 2022, Polda Kalteng Optimalkan Satgas Pangan Awasi Distribusi BBM Bersubsidi

Tekan Inflasi Kalteng 2022, pihak Polda Kalteng akan optimalkan Satgas Pangan untuk mengawasi distribusi BBM bersubsidi agar tepat sasaran.

Penulis: Pangkan B | Editor: Fathurahman
Tribunkalteng.com/ Ghorby Sugianto
Warga tengah mengantri sembako yang dibagikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menekan inflasi di Kalimantan Tengah.Tekan Inflasi Kalteng 2022, pihak Polda Kalteng akan optimalkan Satgas Pangan untuk mengawasi distribusi BBM bersubsidi agar tepat sasaran. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Tekan Inflasi Kalteng 2022, pihak Polda Kalteng akan optimalkan Satgas Pangan untuk mengawasi distribusi BBM bersubsidi agar tepat sasaran.

Kalimantan Tengah kini sedang mengalami inflasi berdasarkan perhitungan dari dua Kabupaten dan Kota acuan yakni Kotawaringin Timur dan Palangakaraya.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Kalimantan Tengah (BPS Kalteng), Pada September 2022, terjadi inflasi di Kalimantan Tengah sebesar 1,19 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,23.

Salah satunya penyumbang inflasi Kalteng yakni Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mana tengah naik.

Baca juga: 8 Kali Raih Opini WTP Berturut-turut, Bupati Kotim H Halikinnor Terima Piagam Penghargaan Menkeu

Baca juga: 74 Casis Bintara Polri di Polresta Palangkaraya Ikuti Tes Urine, Memastikan Tidak Gunakan Narkoba

Baca juga: Memangsa Ayam Warga Jalan Batu Suli 5, Piton 4 Meter Diamankan Tim Relawan Palangkaraya

Inflasi tahun kalender September 2022 terhadap Desember 2021 untuk gabungan Kota Palangkaraya dan Sampit tercatat sebesar 5,94 persen.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Nanang Avianto melalui Kasubdit Indaksi AKBP Base Emden Banjarnahor mengatakan Polda Kalteng memiliki startegi dalam menekan inflasi.

“Polda Kalteng akan melakukan sosialisasi atau komunikasi publik yang tidak membuat masyarakat panik dan mengupayakan masyarakat tetap tenang,” terangnya, pada Minggu (23/10/2022).

Ia menambahkan akan mengoptimalkan kegiatan Satgas Pangan yang memiliki tugas melaporkan harga dan ketersediaan komoditas untuk dilaporkan kepada kepala daerah.

Selanjutnya secara berjenjang dilaporkan kepada Keementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

Satgas Pangan nantinya akan langsung ke lapangan terkait harga dan ketersediaan komoditas termasuk masalah yang terjadi antara suplai dan distribusi.

AKBP Base Emden beserta anggota juga melakukan pengawasan terkait BBM subsidi agar tepat sasaran ke masyarakat yang

tidak mampu.

Di sisi lain, Polda Kalteng akan mensosialisasikan agar masyarakat melaksanakan gerakan penghematan energi seperti mematikan lampu yang tidak perlu di siang hari.

Dirinya juga menambahkan akan melakukan sosialisasi agar masyarakat melaksanakan Gerakan tanam pangan cepat panen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved