Berita Kaltim

Diduga Korsleting Listrik, 9 Rumah Kayu di Samarinda Kaltim Rata dengan Tanah

Musibah kebakaran yang terjadi di kawasan permukiman padat penduduk, 9 rumah rata dengan tanah di Samarinda, Kaltim, diduga korsleting listrik

Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Pangkan B
Ilustrasi, Musibah kebakaran yang terjadi di kawasan permukiman padat penduduk, Jalan Biawan Gang 2C dan 2D RT 10, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Kaltim 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMARINDA – Musibah kebakaran yang terjadi di kawasan permukiman padat penduduk, Jalan Biawan Gang 2C dan 2D RT 10, Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Kaltim membuat heboh.

Bagaimana tidak waktu orang-orang tertidur lelap malah si jago merah melalap habis bangunan di kawasan tersebut, pada Sabtu (22/10/2022) sekitar pukul 03.10 WITA.

Setidaknya 9 rumah yang rata-rata berbahan kayu rata dengan tanah.

Setidaknya butuh waktu 2 jam, Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda dibantu relawan, dan unsur lainnya memadamkan api hingga pada tahap pendinginan di lokasi kejadian.

"Kebakaran terjadi sekitar pukul 03.10 sampai 05.10 WITA. Durasi 2 jam," ujar Kepala Disdamkar Kota Samarinda, Hendra AH.

Baca juga: Kebakaran di Kaltim, Api Muncul dari Depan Rumah Warga Tenggarong, Diduga Korsleting Listrik

Baca juga: Kebakaran di Kaltim, Rumah Warga di Lok Tuan Bontang Nyaris Jadi Arang Karena Korsleting Listrik

Baca juga: Kebakaran di Kalsel, Gudang Plywood PT Elbana Abadi Jaya Terbakar, Diduga Api dari Mesin Pengering

Dia melaporkan bahwa pada area terbakar sendiri ada total 9 rumah milik warga yang Ludes Terbakar akibat musibah kali ini.

"Sembilan rumah tunggal yang terbakar. Terdampak ada 4 bangunan di sekitar lokasi kebakaran dini hari tadi," tuturnya.

Sembilan Kepala Keluarga (KK) dengan 36 jiwa tercatat menghuni 9 bangunan rumah tunggal yang ludes akibat musibah kebakaran ini dan kini tengah mengungsi.

"Korban luka atau jiwa nihil. Penyebab asal api masih dugaan, korsleting listrik dan saat ini menunggu tindak lanjut penyelidikan pihak kepolisian," jelas Hendra AH.

Baca juga: Kebakaran Lima Rumah di Batola, Mobil Damkar Tak Bisa Capai Lokasi, Satu Korban Alami Luka Bakar

Unsur relawan, Polri-TNI dan unit kesehatan juga turun dalam peristiwa kebakaran subuh tadi, Hendra AH menyampaikan kendala para pihak di lapangan, yaitu akses ke titik lokasi.

Selain itu, banyak warga yang melihat peristiwa kebakaran, kawasan padat penduduk dan sumber air sempat menjadi kendala.

"Namun semua bisa diatasi para pihak, dan bersyukur kebakaran tidak meluas," ucapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Kebakaran di Samarinda, 9 Rumah Warga Ludes Terbakar, 36 Orang Mengungsi, .

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved