Berita Palangkaraya

Rawan Penyelewengan Anggaran, BPK RI Perwakilan Kalteng Sedang Periksa BLT-DD Sejumlah Kabupaten

BPK RI Perwakilan Kalteng saat ini tengah melakukan pemeriksaan BLT-DD disejumlah daerah di Kalteng, karena dianggap rawan penyelewengan anggaran

Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Devita Maulina
Kepala Perwakilan BPK RI Kalteng, M Ali Asyhar, ketika diwawancarai awak media di loba kantor BPK RI Kalteng, Rabu (12/10/2022) lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA – Sejumlah bantuan dan anggaran pemerintah pusat dikucurkan ke seluruh daerah di Indonesia, dalam Penanganan Covid-19 sejak 2020 lalu.

Salah satunya adalah perlindungan sosial khususnya Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

Namun sayangnya, anggaran itu dinilai tak tepat sasaran rawan penyelewengan bahkan menjadi temuan di daerah di Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Untuk di Provinsi Kalteng sendiri, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalteng pun, sedang melakukan pemeriksaan BLT-DD tersebut di sejumlah daerah.

Hal itu diungkapkan Kepala BPK RI Perwakilan Kalteng M Ali Asyhar, saat coffee morning bersama insan pers beberapa hari lalu.

“Ya kami dari BPK juga tengah melakukan pemeriksaan BLT-DD di sejumlah daerah di Provinsi Kalteng,” ujarnya kepada Tribunkalteng.com.

M Ali Asyhar mengatakan, pemeriksaan BLT-DD ini dilakukan oleh BPK secara tematik atau menyeluruh, dengan melibatkan lembaga terkait.

Baca juga: 14 Pemerintah Daerah Meraih Opini WTP dari BPK RI Perwakilan Kalteng

Baca juga: Rampung Tindaklanjuti LHP BPK RI Perwakilan Kalteng, Pemkab Kapuas Serahkan LKPD TA 2022

Itu dilakukan dalam rangka mengawal anggaran Penangganan Covid-19 yang disalurkan pemerintah ke daerah apakah efektif tidaknya.

“Saat ini BLT-DD ini yang tengah kami lakukan pemeriksaanya ada di Kabupaten Katingan,” tegasnya.

Terang mantan BPK RI Perwakilan Kalsel ini, dalam pemeriksaan yang mereka lakukan masih di awal tahap pendahuluan.

Sehingga belum terlihat jelas apakah ada temuan atau kerugian administrasinya.

“Karena ini masih berproses ya, dan tahapannya masih pendahuluan, jadi belum dilihat hasilnya bagaimana,” kilah M Ali Asyhar.

Selain itupun, BPK RI Perwakilan Kalteng saat inipun tengah melakukan audit atau pemeriksaan, terhadap kinerja atau program perangkat daerah atau entitas se Kalteng.

Baca juga: Kepala Perwakilan BPK Kalteng M Ali Asyhar: Tribun Kalteng Terkini dalam Pemberitaan

Seperti pemeriksaan air bersih di Kotawaringin Timur, operasional Bank Kalteng, dan sejumlah item lainnya disejumlah wilayah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved