Berita Kalbar

Polres Sanggau Sita 7,1 Kg Sabu dan 2.136 Butir Ekstasi, Terduga Pelaku Terancam Hukuman Mati

Personel Polres Sanggau manangkap 3 orang warga Pontianak, Kalbar terduga pelaku pemilik narkoba jenis sabu dan Pil ekstasi yang jumlahnya fantasti

Editor: Fathurahman
ILUSTRASI
ILUSTRASI. Personel Polres Sanggau Provinsi Kalimantan Barat, manangkap 3 orang terduga pelaku pengedar narkotika jenis sabu yang beratnya mencapai 7,1 kilogram dan sebanyak 2.136 Pil ekstasi. Para terduga pelaku terancam hukuman mati atas perbuatannya yang melanggar hukum tersebut. 

TRIBUNKALTENG.COM, SANGGAU -Personel Polres Sanggau manangkap 3 orang terduga pelaku tindak pidana narkotika jenis sabu dan pil ekstasi yang jumlahnya cukup fantastis.

Saat ini barang bukti berupa sabu seberat 7,1 Kg dan 2.136 pil diduga ekstasi sudah diamankan petugas. untuk proses hukum lebih lanjut.

Pengungkapan kasus narkotika jenis sabu dan PIl Ekstasi tersebut diekspos dalam kegiatan Jumpa Pers  di Mapolres Sanggau, Kalbar , Jumat 14 Oktober 2022.

Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan tiga terduga pelaku yakni inisial ES (43), A (43) dan J (42).

Para terduga pelaku dikenakan pasal Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) atau Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2009 tentang tindak pidana Narkotika yang salah satunya hukuman mati.

Baca juga: Dikeroyok Orang Tak Dikenal, Seorang Siswa di Banjarmasin Tersungkur dari Motor Hingga Kejang-kejang

Baca juga: HUT Ke-61 Pramuka di Kotim, Bupati H Halikinnor Terima Piagam Tanda Penghargaan Lencana Melati

Baca juga: Listrik PLN di Kotim Padam 2 Hari 2 Malam, Sebagian Warga Sampit Terpaksa Menginap di Hotel

Press release dipimpin Kabag Ops Polres Sanggau, Kompol Ida Bagus Gde Sinung didampingi Kasat Narkoba Polres Sanggau, AKP Donny Sembiring, dan dihadiri Kasi Rehabilitasi BNNK Sanggau, Hery Ariandi, Kasi Pelayanan Pabean Bea Cukai Entikong, Sasmika Kusuma.

Kabag Ops menjelaskan, terduga pelaku berikut barang bukti diamankan di Jembatan Balai 4, Dusun Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, pada Sabtu 8 Oktober 2022 sekitar pukul 23.00 Wib.

"Es beralamat di Kelurahan Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, A beralamat di Kelurahan Tanjung Hulu, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak, dan J beralamat di Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak," katanya kepada wartawan pada Jumat 14 Oktober 2022.

Barang bukti yang diamankan berupa tujuh bungkus plastik chinese tea warna kuning berisikan diduga narkotika jenis shabu dengan berat bruto 7,1 Kg dan 2.136 butir pil warna coklat diduga narkotika ekstasi dalam kemasan plastik bening berklip.

Kemudian, dua kantong plastik warna hitam, satu unit sepeda motor, empat unit Hp milik terduga pelaku, dan satu unit mobil Toyota Calya.

"Mengenai peran masing-masing terduga pelaku, masih dalam proses pendalaman penyidikan,"jelasnya.

Kronologi penangkapan

Pada Selasa tanggal 4 Oktober 2022, Sat Resnarkoba Polres Sanggau mendapatkan informasi bahwa akan ada transaksi peredaran narkotika yang masuk dari negara Malaysia ke wilayah Indonesia khususnya di wilayah Kecamatan Sekayam.

Baca juga: MTQ Nasional XXIX Banjarmasin Kalsel, Kotim Wakili Kalteng Ikuti Pawai Taaruf Mobil Hias

Baca juga: Penertiban PETI Sungai Durian Kotabaru, Lokasi Tambang Jadi Tempat Transaksi, 2 Ons Sabu Disita

Baca juga: Pria Pandawan HST Diamankan, Saat Penggeledahan Petugas Temukan Satu Paket Sabu 0,57 Gram

Atas petunjuk dari Kapolres Sanggau selanjutnya Kasat Resnarkoba Polres Sanggau bersama dengan anggota berangkat menuju wilayah Kecamatan Sekayam/wilayah Perbatasan, untuk menindaklanjuti informasi dimaksud dengan melakukan upaya penyelidikan mendalam dengan melibatkan Personel Polsek Perbatasan (Polsek Entikong, Polsek Sekayam dan Polsek Noyan).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved