Mata Lokal Memilih Palangkaraya

Duet Anies-AHY Pemilu 2024, Demokrat Kalteng: Secara Filosofis Banyak Kesamaan

DPP Demokrat Kalteng melalui Kepala Bapilu Partai Demokrat Kalteng, Edy Rustian tak menutup kemungkinan terjadi duet Anies dengan AHY

Penulis: Ghorby Sugianto | Editor: Sri Mariati
Tribunkalteng.com/Ghorby Sugianto
Kepala Bapilu Partai Demokrat Kalteng, Edy Rustian (kanan) didamping Wakil Sekretaris Demokrat Kalteng Muhammad Faisal (Kiri) saat ditemui di Sekretariat Demokrat Jalan RTA Milono, Palangkaraya. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Partai Nasdem telah mendeklarasikan Calon Presiden Anies Bawesdan yang bakal diusung pada Pemilu 2024 oleh ketua umumnya Surya Paloh tak lama ini.

Menanggapi hal itu, Partai Demokrat Provinsi Kalimantan Tengah melalui Kepala Bapilu Partai Demokrat Kalteng, Edy Rustian mengatakan, jika tak menutup kemungkinan terjadi duet Anies dengan Agus Harimukti Yudhoyono (AHY).

Menurutnya, hal itu muncul dari penilaian masyarakat dari gesture dan gimick pentolan partai berlogo mercedes benz, beberapa waktu lalu bertemu dengan hangat di sebuah acara dengan Anies Bawesdan.

Selain itu, dia menilai banyak kesamaan antara Partai Nasdem dengan Partai Demokrat dari visi misi hingga warnanya yang dominan biru.

"Secara filosofis banyak kesamaan. Dari warna, visi politik, banyak kita kesamaan. Jadi kalau masyarakat menginginkan koalisi untuk Pilpres kedepan tentu tidak terlalu rumit," kata Edy Rustian kepada Tribunkalteng.com, Rabu (5/10/2022).

Baca juga: SBY Ketemu JK, AHY Kunjungi Surya Paloh, Cak Imin Perang Medsos dengan Yenny Wahid Soal PKB

Baca juga: Jelang Pilpres 2024, PDIP Kalteng Tak Persoalkan Ganjar Atau Puan Tetap Dukung Keputusan Ketum

Namun keputusan tersebut diserahkan kepada elite partai yang ada di pusat, mempertimbangkan keinginan rakyat yang berbasis data dan survei.

Pihaknya akan mendukung penuh apapun keputusan yang ada pada Partai Demokrat di Pusat, dan bakal memperjuangkan kemenangan di Bumi Tambun Bungai.

"Kami terus melakukan kajian-kajian, sehingga keputusan tidak berupa keputusan yang prediktif, kalau masyarakat menginginkan duet Anies-AHY kenapa tidak Demokrat mengakomodir," jelasnya.

Melihat sosok Anies Bawesdan, dia menilai pemimpin yang visioner, sandaran masyarakat, teduh dan santun.

Saat disinggung, ada kesan AHY mengalah menjadi bacawapres tidak menjadi bacapres, Edy Rustian menjelaskan, jika DNA Partai Demokrat adalah untuk kepentingan rakyat Indonesia.

Sehingga keinginan masyarakat yang menginginkan duet Anies-AHY tidak mandek karena ego ingin menjadi nomor urut satu tidak terpenuhi.

Kendati demikian, Partai Demokrat Kalteng akan terus memantau kehendak rakyat yang belum final tersebut.

Baca juga: Tugu Soekarno Palangkaraya, Jadi Lokasi Deklarasi Des Ganjar Kalteng Hadapi Pilpres 2024

Baca juga: Kader Partai Bikin Patung Banteng Celeng, Ketua PDIP Solo Sebut Tidak Terkait Pilpres 2024

Pihaknya tidak menutupi kemungkinan jika AHY memiliki elektoral bagus, akan membuat poros baru.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Nasdem Kalteng Faridawaty Darlan Atjeh saat dikonfirmasi Tribunkalteng.com di sekretariatnya, dikatakan sedang berada di Jakarta.

Selanjutnya, Ketua Nasdem DPD Palangkaraya, Tuty Dau menuturkan terpilihnya Anies Bawesdan yang diusung Capres, dia akan tegak lurus apa yang menjadi keputusan di pusat.

"Kami tegak lurus dengan apa yang jadi keputusan Partai Nasdem di Pusat, harapan kami dapat menang di Pemilu 2024 mendatang," pungkas Tuty Dau. (*)

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved